KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Malam Nanti, NU Surabaya Gelar Doa untuk Rohingya

M Hasyim Asy’ari

KAMPUNGBERITA.ID – Pengurus dan Badan Otonom (Banom) Nahdatul Ulama (NU) Kota Surabaya akan menggelar sholawat dan doa bersama untuk warga muslim Rohingya di Myanmar di halaman Kantor NU Kota Surabaya Jalan Bubutan, Surabaya, Senin (11/9) malam nanti.

Ketua Lembaga Seni Dan Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) PCNU Surabaya Hasyim Asy’ari, di Surabaya, Minggu, mengatakan keprihatinan terhadap warga Muslim di Rohingya Myanmar masih terus berlangsung dari seluruh lapisan umat Islam di seluruh dunia dalm bentuk aksi kemanusian ataupun doa bersama. “Ini juga yang akan dilakukan para pengurus beserta Banom NU Surabaya,” katanya.

Menurut dia, hal ini terus dilakukan agar kekerasan di Rohingya bisa dihentikan. Selain pernyataan sikap, lanjut dia, nantinya juga akan dikeluarkan instruksi sholat ghoib dan penggalangan aksi kemanusiaan melalui Lazisnu NU.

“Para pengurus NU dan seluruh pengurus Banon NU Kota Surabaya, juga Jamaah Sholawat Nariyah akan berdoa bersama untuk umat Islam Rohingya, agar diberi perlindungan dan keselamatan oleh Allah SWT,” katanya.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya Achamd Muhibbin Zuhri sebelumnya mengatakan pihaknya mengecam keras aksi penindasan dan pembantaian terhadap etnis muslim Rohingya oleh militer pemerintah Myanmar.

Ia tidak menampik fakta adanya faktor geopolitik-geoekonomi dalam kasus itu. Tetapi dalam hal ini, konsen NU Surabaya adalah menjaga kedamaian dan keharmonisan hubungan antar umat beragama. Selanjutnya, lanjut dia, NU Surabaya mengajak serta umat beragama untuk menghimpun bantuan kemanusiaan bagi warga Rohingya.
Menurut dia, para pemimpin umat Buddha di Indonesia dan seluruh umat beragama lainnya juga mengutuk tindakan biadab tersebut. Kini, kata dia, PCNU Surabaya tengah menunggu gerakan tokoh-tokoh agama untuk memikirkan tindakan selanjutnya, guna menghentikan aksi pemerintah Myanmar itu. KBID-NAK

Related posts

PT Sabrina Tebar Promo Pembelian Rumah di Bulan Ramadan

RedaksiKBID

Satreskrim Polresta Sidoarjo Bekuk Dua Pelaku Begal, Sebilah Pedang Diamankan

RedaksiKBID

Tangani Penularan Covid-19, DPRD Surabaya Tekankan Penguatan Penanganan di Hulu dan Hilir

RedaksiKBID