KampungBerita.id
Headline Kampung Raya Teranyar

Pengurus PWI Jatim 2021-2026 Dilantik, Cak Item Ajak Insan Pers Kritis Dalam Membangun Daerah dan Berperan Sebagai Kontrol Sosial

PWI Jatim
Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim menerima pataka dari Ketum PWI Pusat, Atal S Depari.@KBID2022

KAMPUNGBERITA.ID – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari melantik pengurus PWI Cabang Jatim periode 2021-2026 di Hotel Mercure, Rabu (12/1/2022) sore.

Pelantikan pengurus PWI Cabang Jatim 2021-2026 di bawah nahkoda Lutfil Hakim ini dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Ketua DPRD Provinsi Jatim Kusnadi, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan tokoh-tokoh pers Jatim.

Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari mengatakan, anggota PWI Jatim adalah salah satu yang terbesar di Indonesia dengan 1.300 anggota.

“Ini artinya masyarakat pers begitu punya motivasi untuk membangun pers di Jatim. Karena itu, saya yakin PWI di Jatim akan tumbuh sehat,” ujar dia.

Atal menegaskan, wartawan tidak cukup kompeten saja, tapi juga harus dilengkapi dengan kompetensi yang lain, utamanya digitalisasi.

“Wartawan harus multitalent, kecepatan, dan keakuratan dalam penulisan berita dan kemitraan dengan lembaga. Baik swasta maupun pemerintah,”tegas dia

Sementara Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim mengatakan, kehadiran Gubernur Jatim dan jajaran Forkopimda menjadikan semangat bagi wartawan Jatim untuk terus membawa pers yang profesional, cerdas, dan berwibawa.

“Mudah- mudahan perhatian ini bisa menjadi energi dan semangat bagi teman-teman pekerja pers untuk bekerja secara profesional, sehat, cerdas juga berwibawa,” kata Lutfil Hakim.

Lebih jauh Cak Item, panggilan Lutfil Hakim menandaskan bahwa tugas pers adalah memberikan penerangan bagi masyarakat. Untuk itu, pers harus memberikan kebenaran kepada publik.

Cak Item juga mengajak insan pers untuk kritis dalam membangun daerah dan juga berperan sebagai kontrol sosial. “Pers harus independen, obyektif, dan betul betul menunjukkan kebenaran berita. Juga harus berkompeten secara ilmiah dan pengetahuan, dan harus kritis membangun,” jelas dia.

Lebih dari itu, kata Cak Item, pers harus kompeten dalam mengambil peran dan memberikan solusi terhadap persoalan bangsa. KBID-BE

Related posts

Sekolah Dilarang Tarik Iuran, Gubernur Khofifah Tegaskan SPP SMA dan SMK Negeri di Jatim Gratis

RedaksiKBID

Metode KB Ini Sukses Tekan Jumlah Penduduk di Surabaya

RedaksiKBID

Warga Ketandan Keluhkan Suara Bising dari Hotel Double Tree, Komisi B: Ini Solusinya…

RedaksiKBID