KampungBerita.id
Bumi Malang Teranyar

PWI Jatim dan Kominfo Gelar Workshop Tingkatkan SDM Wartawan

 

Workshop peningkatan SDM Wartawan tentang Pembangunan Ekonomi Berbasis Kerakyatan yang digelar Diskominfo Jatim bersama PWI Jatim menghadirkan sejumlah narasumber. KBID-2022

KAMPUNGBERITA-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jatim menggelar workshop peningkatan sumber daya manusia (SDM) wartawan tentang pembangunan ekonomi berbasis kerakyatan di Hotel Aria Gajayana, Malang, Jumat (11/3/2022).

Acara yang mengambil tema “Peran Media Dalam Pembangunan Menuju Jatim Bangkit” tersebut diikuti sekitar 100 peserta. Terdiri dari para wartawan dan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di wilayah Jawa Timur.

Sedangkan narasumber yang dihadirkan dalam workshop tersebut di antaranya, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim, Rektor IKIP Budi Utomo Malang, Dr. H. Nurcholis Sunuyeko, Direktur ICSB Jatim Dr. Methiana Indrasari, serta Pelaku Usaha dan Bendahara Himpunan Pengusaha Nahdliyin, Joni Sujadmoko.

Dalam acara itu, Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim mengajak seluruh wartawan yang hadir untuk bersama-sama memajukan informasi di Jatim, terutama untuk kepentingan publik.

Sedangkan untuk menambah kapasitas sebagai jurnalis, PWI Jatim juga memiliki program beasiswa.
“Bukan hanya untuk pengurus tetapi juga untuk anggota keluarga pengurus PWI Jatim, ” ungkap dia.

Untuk beasiswa khusus ilmu komunikasi, PWI Jatim telah bekerjasama dengan Stikosa AWS yang di dukung oleh Dinas Kominfo Jatim. Selain itu, untuk program beasiswa ini PWI Jatim juga telah MoU dengan Unesa dan Universitas Jember (UNEJ) untuk program magister S2.” Jurnalis harus banyak tahu, luas wawasan dan jurnalis harus terus belajar, baik formal maupun informal,” tandas dia.

Menurut Lutfil Hakim, sesuai UU No 40 Tahun 1999 pasal 3 dijelaskan bahwa tugas jurnalis selain menyuguhkan informasi juga harus mengedukasi masyarakat dan harus mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Maka dari itu kalau teman – teman tidak cerdas bagaimana mungkin bisa mencerdakan kehidupan bangsa,” tutur Pak Item, panggilan Lutfil Hakim.

Sementara itu, Kabid Informasi Publik Dinas Kominfo Provinsi Jatim, Samsuri mewakili Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jatim menjelaskan, bahwa workshop ini diselenggarakan di antaranya untuk meningkatkan kompetensi SDM wartawan di Jatim.

“Dengan adanya workshop ini diharapkan lahirnya produk-produk jurnalistik yang berkualitas untuk menunjang informasi pembangunan berbasis kerakyatan di Jatim,” pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Tasyakuran HUT Ke-59 Partai Golkar, Semua Kader Diharap Menjadi Pribadi yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara

Baud Efendi

Demokrat Gabung KIB? Sarmuji:Harus Terbangun Koalisi di Pusat, Baru ke Daerah dan Tidak Membutuhkan Syarat

RedaksiKBID

Sepakat dengan Program yang Diusung, Pemuda Milenial Demokrat Ngopi Bareng MA

RedaksiKBID