KampungBerita.id
Bumi Malang Teranyar

Ribuan Siswa Diniyah Ikuti Porsadin di Unisma

Ketua FKDT Jatim, Satuham Akbar SAg memberikan cendermata kepada Rektor Unisma, Prof Dr Masykuri Bakri Msi. saat pembukaan Porsadin

KAMPUNGBERITA.ID – Ribuan siswa dari 27 kabupaten/kota di Jawa Timur mengikuti Pekan Olahraga Madrasah Diniyah (Porsadin) yang digelar Forum Komunikasi Madrasah Takmiliyah (FKDT) Jawa Timur. Beragam cabang olaraga dilombakan pada gelaran yang dilaksanakn di Universitas Islam Malang (Unisma) beberapa waktu lalu tersebut.

Ketua FKDT Jatim, H Satuham Akbar SAg mengatakan, madrasah-madrasah baik yang berada di lingkungan pondok pesantren maupun yang tidak cukup antusias mengikuti acara tersebut. Menurutnya, hampir setiap cabang olahraga seperti atletik, sepak bola dan lainya diikuti oleh para kontestan.

”Ini bukti bahwa keberadaan Madrasah Diniyah cukup eksis di hampir seluruh wilayah di Jawa Timur,” ujarnya.

Cak Satuhan, demikian dia biasa disapa-, mengatakan, Porsadin merupakan ajang untuk mencari bakat dari siswa-siswi madrasah diniyah dalam hal olahraga. Hasilnya, kata dia, banyak yang meraih pencapaian luar biasa.

Dia menambahkan, setelah tingkat provinsi, selanjutnya Porsadin akan digelar tingkat nasional pada bulan Oktober mendatang. ”Ini dilakukan di tiap provinsi, kemudian akan digelar tingkat nasional, tentunya akan cukup banyak peserta dan persiapan yang matang,” tuturnya.

Cak Satuham berharap, pemerintah baik daerah maupun pusat ikut berpartisipasi menyukseskan acara tersebut mengingat keberadaan Madrasah Diniyah saat ini dalam perbincangan masyarakat luas. Terutama berkait dengan wacana Kementerian Pendidikan yang akan menerapkan sistem full day school (FDS).

”Butuh perhatian serius dari pemerintah,” katanya.

Sebelumnya, Porsadin yang digelar di Unisma dibuka oleh Rektor Unisma Prof Dr Masykuri Bakri Msi. Dia mengaku cukup bangga dengan antusiasme siswa-siswi Madrasah Diniyah yang ikut dalam Porsadin tersebut. KBID-NAK

Related posts

Proyek Jalan Tol Tak Terpengaruh Melemahnya Nilai Tukar Rupiah

RedaksiKBID

Sedekah Muharram, PPP Jombang Salurkan Ribuan Paket Sembako untuk Masyarakat

RedaksiKBID

Sibuk, Suasana DPD PDIP Jatim Jelang Pengumuman Rekom Calon Kepala Daerah Kota Surabaya

RedaksiKBID