KampungBerita.id
Headline Kampung Gaya Teranyar

Sambut Ramadan, Warga Baureno Gelar Gerebek Gunungan

Warga berebut gunungan dan tumpeng saat Gerebek Ramadan.@KBID2019

KAMPUNGBERITA.ID – Ribuan warga Desa Bumiayu, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menggelar kegiatan grebek gunungan dan tumpeng dalam rangka menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan 1440 Hijriah.

Ada dua gunungan besar yang direbutkan ribuan warga setempat, Minggu (28/4/19). Selain itu juga ada puluhan tumpeng yang disantap secara bersama-sama.

Sejak pagi, dua gunungan yang dibuat dari aneka jenis buah-buahan dan sayuran hasil pertanian desa setempat diarak keliling Desa Bumiayu. Gunungan satu setinggi lima meter, dan satunya lagi setinggi tiga meter.

Prosesi arak-arakan gunungan cukup meriah dengan iringan musik tradisional oklik dan drum band siswa SD. Ribuan orang yang terdiri muda-mudi, orang tua, dan ibu-ibu turut serta dalam kegiatan itu.

Tepat pukul 11.00 WIB, Kepala Desa setempat menandai proses rebutan gunungan dengan memetik beberapa buah. Selanjutnya, secara serentak masyarakat langsung berebut untuk mendapatkan aneka macam buah-buahan serta sayuran.

“Senang sekali bisa berebut mendapatkan buah, semoga berkah,” ujar Sumi salah satu warga.

Khusnul, salah satu panitia usai prosesi rebutan gunungan mengatakan, selain menyambut Bulan Suci Ramadhan, acara tersebut juga dirangkai dengan haul sesepuh desa Bumiayu serta sedekah bumi.

“Tujuan lainnya adalah birrul walidain (berbakti kepada orang tua), khususnya para sesepuh Desa Bumiayu. Di sini ada makamnya salah satu wali, jadi setiap tahun kami peringati dengan haul dan acara-acara lainnya,” ujarnya.KBID-BJN

Related posts

Karang Taruna Kabupaten Sidoarjo Beharap Sidang PHPU Berjalan Damai

RedaksiKBID

Wali Kota dan Wakil Walikota Terpili Diumumkan, DPRD Surabaya Kirim Surat Usulan Pengangkatan ke Mendagri

RedaksiKBID

Pansus Usulkan Denda Rp 250 Ribu bagi Pelanggar KTR di Surabaya

RedaksiKBID