KampungBerita.id
Kampung Raya Surabaya Teranyar

Serangan Hama wereng Merata, Distan Jatim Ajak Petani Kendalikan dengan Metode Refugia

Model pengendalian hama dengan metode refugia yang sedang

KAMPUNGBERITA.ID – Serangan hama wereng terhadap tanaman petani, terutama tanaman padi hampir merata di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Untuk mengatasi masalah tersebut, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur mengajak para petani untuk menerapkan metode refugia. Refugia merupakan cara mengendalikan hama dengan menanam bunga mencolok atau refugia yang menjadi tempat berkembangnya musuh alami wereng.

Kepala UPT Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim, Ali Son’any mengatakan, dengan metode tersebut musuh alami wereng akan berkembang dan memangsa wereng secara alami.

Namun demikian, kata dia, selain dengan metode alami, pihaknya juga memberikan paket bantuan pestisida untuk membasmi hama wereng. Pestisida tersebut baik pestisida kimiawi maupun pestisida alami.

”Masyarakat harus waspada terhadap serang wereng, karena kondisi iklim yang sangat mendukung untuk berkembangbiaknya Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) termasuk wereng.

Distan, kata dia, sudah melakukan peringatan dini kepada para petani terkait dengan OPT. Untuk itu, katanya, bantuan pestisida yang sudah diberikan mesti diterapkan sesuai prosedur, tepat waktu, tepat guna, dan tepat sasaran.

Beberapa wilayah yang paling banyak terkena serangan hama wereng di Jatim diantaranya Lamongan, Bojonegoro, dan Jombang.KBID-BGS

Related posts

Dewan Minta Pemkot Surabaya Beri Diklat Lurah se-Surabaya Terkait Dana Kelurahan

RedaksiKBID

Golkar Tagih Janji Pemkot Terkait Pembangunan RSUD Kawasan Surabaya Timur

RedaksiKBID

Dishub Kota Mojokerto Gelar Uji Emisi Gratis di Alun-alun

RedaksiKBID