KampungBerita.id
Politik & Pilkada Teranyar

Sosialisasi Tahapan Pilwali, KPU Surabaya Gelar Media Gathering

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Surabaya, M. Kholid Asyadulloh memaparkan tahapan Pilwali Surabaya.@KBID2019

KAMPUNGBERITA.ID- KPU Surabaya menilai media memiliki peran penting dalam mensosialisasikan tahapan pilkada yang akan berlangsung di Surabaya tahun 2020 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi dalam acara Media Gathering Tahapan Pencalonan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya 2020, Kamis (19/12).

“Peran media sangat penting. Kami perlu melibatkan media dalam proses ini sejak awal. Media sangat strategis dalam pelaksanaan pilkada. Sukses dan tidaknya Pilkada ada peran media di sana ” ujar Nur Syamsi.

Dia menjelaskan berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh KPU pusat dan kemudian di breakdown ke bawah akan menjadi sia sia jika tidak ada keterlibatan media. Karenanya KPU Surabaya akan selalu menggandeng media dalam berbagai tahapan, termasuk pencalonan yang dinilai sebagai tahapan yang krusial.

“Ditiap tahapan peran media harus ada. Agar seluruh kebijakan KPU bisa diterima oleh masyarakat khususnya bagi mereka yang akan mendaftar sebagai bacalon,” lanjut Nur Syamsi.

Sementara itu Insan Qoriawan anggota KPU Provinsi Jawa Timur,menambahkan bahwa KPU Propinsi Jawa Timur sangat mendukung langkah KPU Kabupaten dan Kota di Jawa Timur melibatkan media dalam persiapan pilkada serentak di Jatim tahun 2020. Peran media diharapkan bisa maksimal sehingga partisipasi masyarakat dalam memberikan suaranya akan meningkat.

“Media ini sangat penting. Banyak hal yang akan bisa disinergikan antara Media dan KPU. Sehingga saat pelaksanaan dan berbagai tahapan hingga proses pemungutan suara bisa berlangsung dengan lancar. Dan yang penting pilkada bisa jurdil dan terhindar dari berbagai isu hoax yang bisa merusak iklim demokrasi ” ujar Insan Qoriawan.

Media Gathering oleh KPU Kota Surabaya rencananya akan digelar tiap tahapan. Seperti saat ini media gathering diarahkan untuk pencalonan perseorangan.

Hal ini dilakukan agar masyarakat paham terkait calon independen atau perseorangan. Di Surabaya saat ini ada 4 pasang independen yang telah muncul dan siap bersaing dengan calon calon yang diusung oleh parpol.

Adapun empat pasang bakal Cawali Surabaya jalur independen yakni Fatchul Muid dan Tatik Effendy, M. Sholeh dan Taufik Hidayat, Samuel Teguh dan Gunawan serta Usman Hakim dan M. Yasin. KBID-DJI

Related posts

Tim Prabowo-Sandi Jatim tidak Akan Libatkan Kepala Daerah

RedaksiKBID

Tingkatkan Kualitas SDM, DPRKP dan Cipta Karya Gelar Lomba Pekerja Konstruksi se-Jatim

RedaksiKBID

Hari Ini, Sembilan Penyelenggara Pemilu Kota Surabaya Diperiksa DKPP

RedaksiKBID