KampungBerita.id
Matraman Teranyar

Tahun Politik, Perkembangan Aliran Kepercayaan di Pacitan Perlu Pengawasan

Didik Alih Wibowo, Kabid Kewaspadaan Dini Bakesbangpol Pacitan menyampaikan paparan soal aliran kepercayaan.

KAMPUNGBERITA.ID – Perkembangan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan dalam kehidupan masyarakat dinilai perlu dilakukan pengawasan. Hal ini untuk mengantisipasi persoalan di masyarakat.

Kabid Kewaspadaan Dini, Bakesbangpol Pacitan, Didik Alih Wibowo mengatakan, pemerintah berkewajiban untuk mengawasi aliran kepercayaan di masyarakat. ”Sehingga sekecil apapun permasalahan dapat terdeteksi secara dini,” ujarnya.

Menurut dia, dalam rangka menyongsong tahun poltik 2018 dan 2019, perlu adanya kewaspadaan terhadap masuknya aliran-aliran kepercayaan, terutama aliran-aliran yang dilarang.

“Keamanan adalah yang utama. Apabila ada hal-hal yang menonjol agar segera dilaporkan kepada aparat terkait, sehingga kondisi wilayah tetap kondusif,” tegasnya.

Kabid Kebudayaan Dikbud Pacitan Subroto menambahkan, sejarah dan tradisi kadang sering di hubungkan dengan agama.

“Sejarah dan tradisi tetap harus di lestarikan. Monumen cagar budaya juga tetap kita rawat. Kita harus bisa memilah antara sejarah, tradisi dengan agama,” timpalnya.

Kasat Intelkam Polres Pacitan AKP Sumarjan mengatakan, sampai detik ini masih banyak aliran kepercayaan di Pacitan.

“Karena itu kita harus saling menjaga kamtibmas dengan saling menghargai dan menjaga toleransi. Kita harus bisa menjaga diri agar terhindar dari hal-hal yang merugikan diri kita. Jangan main hakim sendiri, mari diutamakan penyelesaian masalah dengan musyawarah,” pesannya.

Sementara itu Muhandas, Kasi Intel Kejari Pacitan menambahkan, keberadaan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan yang ada di wilayah agar bisa terdeteksi sedini mungkin.

“Adanya aliran-aliran kepercayaan bersumber dari kebudayaan. Sedangkan agama berasal dari wahyu. Mari kita senantiasa menjaga kondusivitas dalam masyarakat terutama terkait adanya aliran kepercayaan,” katanya.KBID-PCT

Related posts

DPRD Surabaya Minta Tiga Layanan Dasar Dimaksimalkan untuk Semua Lapisan Masyarakat

RedaksiKBID

72 Guru MTs di Kebupaten Tuban Ikuti Latihan Deteksi Gangguan Penglihatan

RedaksiKBID

Khofifah Bersyukur, Gus Ipul Hormati Hasil Quick Count

RedaksiKBID