KampungBerita.id
Kampung Raya Surabaya Teranyar

Tingkatkan Kualitas SDM, DPRKP dan Cipta Karya Gelar Lomba Pekerja Konstruksi se-Jatim

Sekretaris DPRKP dan Cipta Karya Jatim Baju Trihaksoro beserta sebagian peserta lomba

KAMPUNGBERITA.ID – Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (DPRKP) dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur gelar lomba pekerja konstruksi sebagai upaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia sektor jasa konstruksi di Jatim.

Lomba yang digelar mulai tanggal 26 – 28 di Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya itu diikuti 152 peserta yang terdiri atas tukang batu, besi, keramik, dan listrik.

“Kami menyelenggarakan lomba ini sekaligus dalam rangka menyiapkan kapasitas mereka untuk lomba konstruksi tingkat nasional,” kata Kepala Dinas DPRKP dan Cipta Karya Prov. Jatim, Cipto Wiyono usai membuka acara tersebut, Selasa (26/09).

Menurut Cipto, sebelum mengikuti perlombaan di tingkat provinsi, para peserta telah melewati proses penyaringan di tingkat kabupaten sesuai keahliannya. “Untuk juara satu dari masing-masing bidang keahlian akan diikutsertakan mengikuti lomba pekerja konstruksi di tingkat nasional,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Cipto mengatakan, Jatim selama 6 kali berturut-turut menjadi juara pertama. “ Dua tahun terakhir ini Jatim dikalahkan oleh DIY dan NTB,” terangnya.

Ia berharap para peserta dapat bersaing secara sehat sesuai bidang keahlian yang digelutinya sehingga mampu meningkatkan respon pasar kerja jasa konstruksi untuk memanfaatkan tenaga terampil yang kompeten.
Selain itu, lanjutnya, sertifikasi pekerja konstruksi juga sangat penting. “Setelah lomba ini selesai, pekerja konstruksi juga agak mendapatkan sertifikat terampil,” ujarnya.

Dengan adanya sertifikasi itu, kata Cipto, tenaga kerja konstruksi dapat bekerja tidak hanya di dalam negeri, melainkan juga di luar negeri. “ Jika sudah mengantongi sertifikat, tenaga kerja lokal diharapkan bisa bersaing dengan tenaga kerja asing,” kata dia. KBID-NAK

Related posts

Komisi D DPRD Surabaya Minta Pemkot Surabaya Masif Sosialisasi Vaksinasi Covid-19

RedaksiKBID

Lolos Calon Ketua, Herlina:Optimistis Kemenangan Sudah Ada Sejak Saya Mencalonkan Diri

RedaksiKBID

Nekad, Pelaku Curanmor Rusak Gembok Pagar Rumah Korban

RedaksiKBID