KampungBerita.id
Headline Surabaya Teranyar

Walikota dan PCNU Surabaya Gelar Rukyatul Hilal Awal Ramadan di Rooftop TP 6

KAMPUNGBERITA.ID – Walikota Surabaya, Eri Cahyadi bersama Ketua PCNU Kota Surabaya , KH Muhibbin Zuhri dan Kepala Kemenag Kota Surabaya dijadwalkan mengikuti Rukyatul Hilal atau pengamatan bulan untuk menentukan awal Ramadah 1442 Hijriah bersama pengurus PCNU Kota Surabaya di Rooftop Tunjungan Plasa 6 Surabaya, Senin (12/4).

Selain di TP-6 Surabaya, PCNU juga menggelar rukyatul hilal di Pantai Nambangan. Kegiatan yang bakal digelar pada pukul 16.00 WIB tersebut seiring dengan keputusan Kementerian Agama (Kemenag) yang bakal menggelar sidang isbat penentuan awal puasa pada Senin (12/4) malam.

Direktur Urusan Agama Islam Agus Salim mengatakan, sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag. Sesi ini akan dimulai pukul 16.45 WIB dan disiarkan langsung.

“Tahap kedua, sidang isbat awal Ramadan yang akan digelar setelah Salat Magrib. Tahap ini digelar secara tertutup,” kata Agus dalam keterangan tertulisnya seperi dilansir Liputan6.com, Senin (12/4).

Pantai Nambangan, Kenjeran, Surabaya.@KBID2021

Kemudian di tahap ketiga, lanjut dia, akan ada jumpa pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agama yang akan disiarkan TVRI, RRI, dan Medsos Kemenag. Dia menambahkan, jumpa pers ini akan disiarkan daring dan tidak mengundang langsung jurnalis atas alasan mencegah kerumunan dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Karena peserta terbatas yang diundang hadir langsung, yang hadir juga akan dilakukan pembatasan jarak, pemindaian suhu tubuh, dan wajib mengenakan masker, jaga jarak,” jelas Agus.
2 dari 3 halaman

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin menambahkan, sejumlah peserta terbatas diundang adalah mereka dari kalangan Ormas Islam. Mereka antara lain: NU, Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah, direncanakan akan hadir langsung di Auditorium H.M. Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta Pusat.

Selain ormas, peserta terbatas diundang juga dari unsur duta besar negara sahabat. Menurut undangan, akan ada 29 duta besar yang diundang untuk bisa hadir langsung pada sidang isbat penentuan awal bulan ramadan.

“Ada 29 Duta Besar negara sahabat yang diundang. Kami berharap ada di antara mereka yang bisa hadir secara langsung dalam proses sidang,” katanya. KBID-DJI-BE

Related posts

Aniaya Warga, Jagoan Kampung di Sidoarjo Dibekuk Polisi

RedaksiKBID

Cinta, Membuat para Penghuni Panti Jompo tetap Semangat di Usia Senja

RedaksiKBID

Panglima Santri NU Gaungkan Resolusi Jihad Melawan Radikalisme, Hedonisme, Kemiskinan, dan Kebodohan

RedaksiKBID