KampungBerita.id
Tapal Kuda Teranyar

Calon Jemaah Haji Diimbau untuk Selalu Kenakan Gelang Haji Saat di Tanah Suci

Perajin membuat Gelang Haji untuk dikenakan JCH selama berada di Tanah Suci

KAMPUNGBERITA.ID – Tim Kesehatan untuk calon haji (calhaj) asal Kabupaten Sumenep yang segera berangkat ke tanah suci mengingatkan jemaah untuk menjaga kesehatannya agar dalam melaksanakan ibadah Haji dapat berjalan lancar. Bagi jamaah yang memiliki latar belakang kesehatan kurang baik dan usia lanjut diingatkan untuk selalu membawa gelang khusus yang diberikan petugas, agar nantinya akan lebih mudah diidentifikasi jika terjadi sesuatu berkaitan dengan kesehatannya.

“Gelang khusus yang diberikan kepada para jamaah selama melaksanakan ibadah haji agar selalu dijaga dan dipakai kemana saja, karena pemilik gelang tersebut akan mendapat perhatian khusus,”ungkap Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, dr. Hj. Dwi Regnani, M.Kes, saat memberikan sosialisasi kesehatan pada Manasik Haji Akbar dan Pelepasan Simbolis JCH 2018.

Dia juga mengingatkan, jamaah tidak perlu rendah diri karena memakai gelang khusus. Mengingat, jika misalnya terjadi sesuatu seperti halnya pingsan, jamaah yang bersangkutan akan mudah diidentifikasi dan segera mendapat pelayanan khusus dari petugas kesehatan yang ada di tempat.

Perlu diketahui jenis warna gelang yang dipakaikan kepada JCH, yakni gelang hijau untuk jamaah usia di atas 60 tahun dan tidak memiliki riwayat penyakit. Gelang kuning untuk jamaah usia kurang dari 60 tahun, namun memiliki riwayat penyakit. Sementara untuk gelang merah diperuntukkan jamaah yang berisiko tinggi (risti), yakni berusia lebih dari 60 tahun dan memiliki riwayat penyakit.

Disamping itu bagi jamaah calon haji lainnya agar tetap membawa kartu kesehatan haji elektrik yang sudah dimiliki kapan saja selama melaksanakan ibadah haji. Sebab, nanti selain mudah diidentifikasi juga akan memudahkan rekam medis.

“Termasuk juga catatan mengenai penggunaan obat dari dokter untuk selalu dibawa dalam tasnya, dan lebih detailnya nanti juga akan dibriefing oleh petugas kesehatan yang ada di kloter masing-masing,” katanya.KBID-SMP

Related posts

Terkait Hukuman Tak Manusiawi, DPRD Tuban Siap Mediasi Sales OPPO dengan Perusahaan

RedaksiKBID

Gelar Goes to Campus di Unusa, KPU Surabaya Sosialisasi Pemilu 2024 Melalui Pemutaran Film ‘Kejarlah Janji’

Baud Efendi

Caleg Terpilih dari Partai Gerindra Wajib Setor Uang Rp 50 Juta hingga Rp100 Juta

RedaksiKBID