DPRD Surabaya Dorong Parkir Mobil Rumah Tangga Diatur dalam Raperda

Wakil Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Aning Rahmawati.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Semakin banyaknya rumah tangga yang memiliki kendaraan pribadi roda empat (mobil,red), membuat kalangan legislatif di Kota Surabaya berfikir keras untuk mencari solusi agar permukiman warga tertata dengan baik.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Aning Rahmawati mengusulkan agar persoalan parkir mobil rumah tangga dimasukkan dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

Anggota Fraksi PKS tersebut mengatakan, Kota Surabaya saat ini banyak lahan umum seperti bahu jalan yang dipakai sebagai tempat untuk parkir mobil pribadi. Kondisi ini dapat mengganggu kegiatan aktivitas jalanan, apalagi jalan yang digunakan adalah jalan yang hanya bisa dilewati untuk dua mobil saja seperti halnya yang ada di perumahan-perumahan.

Menurutnya, dengan tidak adanya garasi untuk mobil pribadi juga akan mengganggu ketertiban dan Ketentraman masyarakat.

“Sebagaimana kita ketahui di daerah pemukiman masih banyak penggunaan jalan umum sebagai Lahan Parkir Rumah Tangga yang akan menimbulkan permasalahan ketertiban masyarakat,” jelas Aning Rahmawati.

Apabila tidak diatur dan diberikan sanksi, lanjut Aning, maka ditakutkan akan menimbulkan suatu masalah yang lebih besar. Apalagi laju kepemilikan mobil di Surabaya semakin tinggi dari waktu ke waktu. Sehingga perlu dimasukkannya Aturan terkait Parkir Mobil Pribadi dalam Raperda tersebut.

“Laju kepemilikan mobil di Surabaya semakin tinggi, dikhawatirkan masalah dikemudian hari,” jelasnya.

Para periode anggota DPRD Surabaya, persoalan parkir mobil rumah tangga yang berada di permukinan juga sempat mencuat untuk dibikinkan raperda. Namun, hal itu tidak berlanjut hingga masa jabatan para legisltator usai. KBID-PAR