KampungBerita.id
Kampung Raya Olahraga Peristiwa Surabaya Teranyar

DPRD Surabaya Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 2021, Reni Astuti:Terima Kasih Warga Surabaya

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti mewakli ketua DPRD Surabaya menerima.penghargaan Nirwasita Tantra 2021@KBiD- BE

KAMPUNGBERITA.ID-Peran legislatif dalam mendukung Kota Surabaya sebagai kota berkelanjutan (Sustainable City) menjadi upaya bersama DPRD Kota Surabaya. Komitmen itu diwujudkan melalui capaian penghargaan Nirwasita Tantra 2021 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti hadir mewakili ketua DPRD Surabaya untuk menerima secara langsung penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra juara 1 kategori Kota Besar yang diserahkan oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu (20/7/2022)

Reni Astuti menyebutkan bahwa capaian itu selaras dengan visi-misi Kota Surabaya 2021-2026 dalam rangka menyukseskan pembangunan berwawasan lingkungan.

“Dukungan DPRD Surabaya di bawah kepemimpinan Ketua DPRD dan jajajaran pimpinan dan segenap anggota DPRD bersama-sama Pemkot Surabaya dan partisipasi warga menjadikan Surabaya memperoleh penghargaan ini,” jelas Reni Astuti.

Dia menjelaskan, bahwasannya dan urgensi dari pembangunan ramah lingkungan yaitu dengan menyiapkan kehidupan yang lebih baik bagi generasi masa mendatang.

“Pembangunan daerah semestinya mengarus utamakan lingkungan hidup dan memperhatikan keseimbangan antara daya topang ekologi, sistem sosial dan pembangunan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat,”terang dia.

“Terlebih lagi keterlibatan pelajar dan anak muda yang punya banyak ide, inovasi, rasa peduli untuk cinta lingkungan untuk sama-sama menyelamatkan bumi demi keberlangsungan hidup umat manusia,”imbuh dia.

Reni Astuti menyampaikan apresiasi sekaligus harapan melalui semangat kolaborasi Kota Surabaya dapat terus mempertahankan serta meningkatkan capaian-capaian positif yang berdampak pada kualitas hidup masyarakat kota.

“Terima kasih warga Kota Surabaya, pejuang lingkungan hidup, Kader Surabaya Hebat, pegiat bank sampah dan kampung zero waste dan segenap lembaga dan komunitas yang mendukung serta perhatian agar Pemkot bersama DPRD memberikan keberpihakan terhadap kebijakan yang mengutamakan lingkungan hidup,” ungkap dia.

Reni Astuti juga meyakini bahwa lingkungan hidup merupakan aset ekonomi yang sangat mahal. Karena itu pihaknya pun mengimbau untuk terus peduli dan merawat lingkungan.

“Mari jaga bersama lingkungan kita, jaga bumi kita, maju dan berkelanjutan untuk Surabaya,”tandas dia.

Dalam sambutannya Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong menyebutkan penghargaan ini ditujukan bagi mereka yang terbukti memiliki kepedulian, komitmen, prakarsa, inovasi, motivasi, dan kreativitas secara berkelanjutan menjaga lingkungan, sehingga berdampak pada ekonomi dan sosial di lingkungan masing-masing.

Baginya, penghargaan ini menjadi langkah awal untuk memotivasi supaya terus dilanjutkan di wilayah mereka masing-masing. Nirwasita Tantra merupakan amanah bagi penerimanya untuk tetap menjaga keberlangsungan bumi ini.

“Semoga kontribusi yang telah diberikan dapat terus ditingkatkan dan disebarluaskan, sehingga menjadi motivasi di kalangan masyarakat,” tutur dia

Sebagai informasi, Kota Surabaya juga meraih penghargaan Nirwasita Tantra ketujuh kalinya sebagai peringkat pertama untuk kepala daerah yang diterima langsung oleh Wali Kota Surabaya. Ini kali kesekian konsistensi Kota Surabaya mempertahankan capaian di bidang lingkungan hidup.KBID-BE

Related posts

KIB Kota Surabaya Siap Kawal Siapapun Capres-Cawapres yang Diusung Pusat

RedaksiKBID

Penyandang Disabilitas Keluhkan Permakanan, Pemkot Segera Evaluasi

RedaksiKBID

Antar Pesanan Darah dengan Cepat, Wabup Mojokerto Launching Blood Jek

RedaksiKBID