KampungBerita.id
Madrasah Teranyar

Gali Karakter PAGI, Unipa Surabaya Gelar Seminar Nasional Matematika

Mahasiswa saat mengikuti Seminar Nasional Pendidikan Matematika yang digelar Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya.

KAMPUNGBERITA.ID – Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menggelar Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Sebanyak 323 peserta dari dalam dan luar Unipa Surabaya cukup antusias mengikuti seminar yang digelar di Gedung Soelaiman Joesoef pada Sabtu (5/5) lalu tersebut.

Ketua Pelaksana Seminar,  Alifah Nur Aini mengatakan,  seminar ini salah satu tugas dari mata kuliah
Seminar Nasional 2 sks yang diampu oleh Dr.  Sunyoto Hadi Prayitno,  ST,  MPd,  Nur Fathonah,  SPd,  MPd,  dan Restu Ria Wantika,  SPd.,  MSi.

Sejumlah narasumber yang berkompeten dibidang Matematika hadir dalam acara yang mengambil tema ‘Memantapkan Karakter PAGI Melalui Inovasi Pembelajaran Matematika Menghadapi Era Eksponensial’. Mereka diantaranya Prof.  Dr.  Sunardi,  MPd Guru Besar Universitas Negeri Jember,  Dra.  Dyah Sriwilujeng,  MPd Widyasuara Utama Peningkatan Kompetensi Guru pada PPPPTK,  dan Drs.  Asep Jihad,  MPd Konsultan Perencanaan Pendidikan Kemendikbud Jakarta.

Menurut Aini, guru dan calon guru Matematika khusunya harus mampu menghadapi era eksponensial sehingga mampu berinovasi dalam pembelajaran matematika dan dapat memantapkan dan menanamkan karakter PAGI (Peduli,  Amanah,  Gigih,  dan Inovatif) pada siswa mengingat sekarang sudah beredar aplikasi yang memudahkan mencari jawaban dengan cara memfoto soal saja.

Di Gedung Soelaiman Joesoef,  para peserta sangat antusias dengan pemaparan materi yang disampaikan narasumber. Hal itu,  terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan seputar pengajaran matematika di era eksponensial oleh para peserta.

“Ada 115 makalah dan 190 pemakalah yang masuk ke kelas paralel,”terangnya.  Selain itu,  hasil dari
makalah ini akan dicetak menjadi proceding.

“Banyak hal yang bisa diambil dari paparan tiga narasumber,”kata mahasiswa semester delapan ini.

Diantaranya menambah wawasan mengenai karakter yang dapat diasah dari pembelajaran matematika,  sehingga matematika tidak monoton pada metode konvensional saja tetapi bisa menyelipkan pendidikan karakter pada pembelajaran matematika itu sendiri,”tambahnya.

Dia juga berharap acara ini bisa terselenggara rutin setiap tahun dengan memgusung tema-tema yang sedang berkembang di eranya serta bisa mendatangkan peserta lebih besar lagi. KBID-HUM

Related posts

Lapas Kelas IIA Sidoarjo Luncurkan Aplikasi Se PEMUDA

RedaksiKBID

Bicara di Forum UCLG Aspac, Risma Sebut Suhu di Surabaya Turun 2 Derajat Celcius

RedaksiKBID

Surabaya Target Jadi Tuan Rumah FIFA World Cup 2021

RedaksiKBID