KampungBerita.id
Matraman Peristiwa Teranyar

Gali sawah, Warga Jombang Temukan Batu Bata Kuno Peninggalan Sejarah


Tumpukan batu bata kuno yang ditemukan warga Desa Karobelah, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang.

KAMPUNGBERITA.ID – Slamet (41), warga Dusun/Desa Karobelah, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang menemukan tumpukan batu bata kuno yang diduga peninggalan sejarah. Benda tersebut didapati Slamet saat menggali tanah di lahan sawah untuk menguruk pengerjaan rumahnya.

“Awalnya saya menggali tanah urug, terus sampai jarak berapa meter kok ada tumpukan batu bata yang ukurannya tidak seperti batu bata biasanya. Ukurannya lebih panjang,” ujar Slamet.

Ukuran batu bata yang ditemukan 200 meter dari pemukiman warga itu panjangnya sekitar 40 sentimeter dengan lebar berkisar 10 sentimeter. Sedangkan tumpukannya mencapai sekitar lima puluh sentimeter. Adapun tumpukan yang sudah diketahui dan tampak karena sudah digali sekitar lima meter.

“Ini belum saya gali lagi. Kesana mungkin masih ada lagi,” ungkap Slamet.

Menurut Slamet di daerah tersebut belum pernah ada warga menemukan benda sejenis. Setelah menemukan bata kuno tersebut, Slamet masih menunda meneruskan aktifitasnya mencari tanah urug. Ia juga mengaku belum melaporkan penemuannya tersebut kepada pihak desa setempat.

“Belum mas, belum saya laporkan ke desa. Tapi teman- teman sudah saya kasih tahu kalau ada temuan bata seperti ini, “pungkas Slamet. KBID-MZA

Related posts

Warga Sugihwaras Tuntut Uang Bising Mesin Pabrik Rp 25 Juta ke PT Bondvast Indo Sukses Kutorejo.

RedaksiKBID

Mau Melihat Kondisi Lapangan, MA-Mujiaman jadi Harapan Masyakat Surabaya

RedaksiKBID

Pelaku Pelecehan Gusu Nur Khalim Dipukuli Sekelompok Orang

RedaksiKBID