KampungBerita.id
Kampung Raya Teranyar

Kabupaten Bojonegoro Targetkan Tahun 2030 Zero AIDS

KAMPUNGBERITA.ID –  “Let Communities Lead” menjadi tema peringatan hari AIDS Sedunia Tahun 2023. Hal tersebut menjadi sebuah momentum penting perjuangan global mengakhiri stigma terkait HIV di seluruh sedunia. Ini menjadi sebuah kesempatan untuk menghormati mereka yang telah meninggal dunia, dan seruan untuk berkomitmen terus bekerja ketika AIDS tidak lagi menjadi ancaman kesehatan masyarakat.

Selaras dengan semangat mengolahragakan masyarakat, peringatan Hari AIDS Sedunia di Kab. Bojonegoro dilaksanakan bersamaan dengan minggu car free day 10/12/2023. Berbagai lintas komunitas/organisasi peduli AIDS, masyarakat, pelajar, dan mahasiswa berpartisipasi aktif. Aneka kegiatan seperti donor darah, jalan santai, senam, dan seni pertunjukan berpadu menjadi satu simbol tali pita merah.

Wakil Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Kab. Bojonegoro Nurul Azizah mengatakan, dengan semangat tema “Bergerak Bersama Komunitas Akhiri AIDS Tahun 2030” diharapkan dapat meningkatkan peran komunitas sebagai kunci dalam mencegah HIV AIDS sekaligus dalam upaya konkrit untuk mencapai ending AIDS tahun 2030.

Dia menyebutkan, saat ini kita membutuhkan strategi yang sederhana namun komprehensif untuk mengikat komitmen, memantau imunitas badan, serta semangat koordinasi lintas sektor dalam upaya penanggulangan HIV AIDS. Target di tahun 2030 “zero kasus baru, zero kematian akibat AIDS, dan zero diskriminasi” jelas Nurul.

Menyapa seluruh komunitas yang hadir, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto mengatakan, peringatan hari AIDS memiliki makna yang mendalam yaitu “kita harus selalu menjaga kesehatan dan melaksanakan pola hidup yang sehat”. Ini adalah ikhtiar kita bersama untuk supaya tetap sehat. Adriyanto mengapresiasi kepada seluruh jajaran/pengurus Komisi Penanggulangan AIDS, Forkopimda, organisasi, komunitas, serta masyarakat yang telah turut aktif dalam penanggulangan AIDS khususnya di Kab. Bojonegoro.

Penyematan pita merah kepada perwakilan komunitas peduli HIV oleh Pj Adriyanto menandai peringatan Hari AIDS Sedunia Kab. Bojonegoro Tahun 2023, dilanjut pemberangkatan peserta jalan santai   diikuti Forkopimda, Kepala OPD mengitari alun alun.KBID-JUP

Related posts

Taklukan Spurs di Markasnya, Ajax Selangkah ke Final

RedaksiKBID

Terbukti, Bojonegoro Kalahkan Kabupaten Sekitar Untuk Bidang Infrastruktur Dan Penurunan Kemiskinan

RedaksiKBID

Pemkab Pacitan Ikut Pemecahan Rekor Dunia Senam Poco-poco

RedaksiKBID