KampungBerita.id
Kampung Raya Madrasah Surabaya Teranyar

Mahasiswa Unair Sosialisasikan Strategi Pemasaran Digital kepada UMKM Desa Kedayunan

Mahasiswa Unair menyosialisasikan strategi pemasaran digital kepada UMKM Desa Kedayunan, Ke camatan Kabat, Banyuwangi dalam program KKN BBK ke-2.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Komunitas (KKN BBK) ke-2 di Banyuwangi, melakukan sosialisasi tentang pemasaran kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kedayunan. Kegiatan itu mengambil tema “Optimalisasi Pemasaran Digital UMKM dan Peluang Kerja Baru”.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Kedayunan, Minggu (16/7/2023) pukul 09.00 ini dihadiri 30 peserta yang merupakan ibu-ibu PKK Desa Kedayunan beserta kelompok KKN BBK 2 Unair 2023 Desa Kedayunan.

Kelompok itu beranggotakan sembilan orang, yakni Nira Ayu Puspita (Akuntansi), Sabrina Araminta Putri (Ilmu Komunikasi), Mochammad Ardian Fariz (Ilmu Komunikasi), Diah Fatikasari Ramadina Firdaus (Biologi), Sufyan Ats Tsauri (Statistika), Asti Alya Rahmahdia (Kesehatan Masyarakat), Seselia Frida Emeranda (Psikologi), Dyah Ardhanie Putri Efendhi (Sastra Indonesia), dan Moch Fachri (Studi Kejepangan).

Pada kesempatan tersebut, penanggungjawab program kerja bidang ekonomi, sekaligus pembicara, Sabrina Araminta Putri mengatakan, program kerja ini merupakan sosialisasi di bidang pemasaran untuk UMKM Desa Kedayunan.

“Kegiatan ini fokus pada manajemen penggunaan media sosial (medsos) untuk branding dan pembuatan konten,”ujar dia.

Adapun media pemasaran yang disosialisaikan kepada pelaku UMKM Desa Kedayunan, menurut Sabrina adalah tata cara branding melalui sistem online, seperti Instagram (IG), TikTok, dan E-commerce.

“Jadi sosialisasi ini seputar pembuatan konten marketing yang mengacu pada dasar atau strategi marketing 4P, yakni product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Keempat komponen ini dipadukan agar menghasilkan respons yang diinginkan di pasar. Selain itu, juga ide-ide pemanfaatan topik terkini untuk memasarkan produk UMKM, “beber dia.

Melalui program kerja ini, Sabrina berharap pelaku UMKM dapat mengembangkan image merek yang kuat agar dapat menarik minat pelanggan hingga memperluas jangkauan pasar melalui penguatan atribut merek dan mengoptimalkan aktivitas pemasaran yang dapat dilakukan pelaku UMKM. Termasuk di dalamnya adalah konten marketing di medsos, seperti Instagram dan TikTok dan lain lain.

“Tujuan utama dari marketing adalah untuk memperkenalkan dan menjual produk barang atau jasa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan kepada masyarakat luas. Pemasaran merupakan aktivitas yang penting untuk memastikan produk yang telat dibuat dapat terjual dan memberikan keuntungan bagi pelaku UMKM atau perusahaan,”pungkas dia.KBID-BE

Related posts

Segera Belakukan ELTE, Polresta Sidoarjo Renovasi Gedung Command Centre

RedaksiKBID

Berkas Dilimpahkan, Kasus Korupsi PD Pasar Surya segera Disidangkan

RedaksiKBID

FKUB Palangkaraya Belajar Kerukunan Antarumat Beragama di Surabaya

RedaksiKBID