KampungBerita.id
Kampung Raya Madrasah Peristiwa Surabaya Teranyar

Agar Orang Tua Tak Grogi dengan Sistem Online, Dindik Surabaya Gelar Latihan Pendaftaran PPDB SMPN

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Yusuf Masruh. @KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-Guna mempermudah wali murid melakukan pendaftaran melalui website ppdb.surabaya.go.id, Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya menggelar latihan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMPN. Latihan pendaftaran dibuka mulai Jumat (3/6/2022) hingga Kamis (9/6/2022) mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Yusuf Masruh mengatakan, latihan pendaftaran dibuka untuk jalur prestasi nilai rapor sekolah (NRS), jalur prestasi lomba, dan jalur zonasi. Orang tua atau wali murid dapat mengakses website ppdb.surabaya.go.id kemudian memasukkan NIK siswa dan PIN yang didapat saat validasi.

“Kami ingin orang tua paham betul mengenai mekanisme PPDB online. Ini sekaligus sebagai latihan agar saat pendaftaran sesungguhnya dibuka, orang tua tidak grogi dengan sistem online,” kata Yusuf seperti dilansir KBRN, Minggu, (5/6/2022).

Yusuf menjelaskan, latihan pendaftaran dibuka menjadi dua gelombang. Gelombang pertama mulai 3-5 Juni dan gelombang kedua pada 7-9 Juni. Setiap gelombang, CPDB hanya bisa mencoba satu kali latihan. Misalnya, ketika sudah latihan mendaftar jalur zonasi pada 3-5 Juni, maka baru bisa mencoba latihan kembali pada 7-9 Juni.

“Data latihan pendaftaran pada 3-5 Juni akan dibersihkan dulu oleh tim teknis pada 6 Juni. Setelah itu baru bisa mencoba kembali latihan di gelombang kedua. Jadi, satu gelombang satu kali latihan pendaftaran,” terang dia.

Selain menyediakan tahapan latihan pendaftaran, lanjut dia, pihaknya juga menyiapkan video tutorial pendaftaran di laman ppdb.surabaya.go.id. Video ini bisa diakses dan dipelajari oleh orang tua atau wali murid.

“Dengan adanya kemudahan-kemudahan ini, kami berharap orang tua lebih sigap menyiapkan diri untuk pendaftaran sesungguhnya. Dan kami imbau untuk menjaga kerahasiaan PIN yang sudah didapat saat validasi,” pungkas dia. KBID-BE

Related posts

Rayakan HUT ke-72, TNI AL Komitmen tetap Bersama Rakyat

RedaksiKBID

Cek Pelaksanaan Natal di Surabaya, Mahfud MD: Natal Berjalan Baik dan Aman

RedaksiKBID

Perjuangkan Hak Atas Status Tanah Warga, Pimpinan Dewan Datangi BPN Surabaya I

RedaksiKBID