KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Alfian Limardi Dorong Nol Korban Meninggal Akibat Kebakaran

PSI
Alfian Limardi.@KBID2022

KAMPUNGBERITA.ID – Memasuki bulan Februari tahun 2022 tingkat kejadian kebakaran di Surabaya terus merangkak naik. Alfian Limardi, Dewan Komisi B, mendorong Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan agar pada tahun 2022 Surabaya nol korban meninggal akibat kebakaran.

“Mumpung masih awal tahun 2022, saya minta agar Surabaya nol korban meninggal akibat kebakaran. Kami mendorong agar waktu tanggap kebakaran bisa berada di sekitar 7 menit 41 detik yang sudah mencakup waktu dimulai sejak diterimanya pemberitahuan adanya kebakaran di suatu tempat, interpretasi penentuan lokasi kebakaran dan penyiapan pasukan serta sarana pemadaman, waktu perjalanan dari pos pemadam menuju lokasi, dan waktu gelar peralatan di lokasi sampai dengan siap operasi penyemprotan,” ucap Alfian Legislator dari Fraksi PSI.

Pemkot Surabaya telah menetapkan waktu tanggap kebakaran selama 15 menit yang termuat di dalam perwali Kota Surabaya no 16 Tahun 2014. Berdasarkan catatan RKPD Kota Surabaya 2020, rata-rata waktu respon kebakaran tahun 2018 hingga tahun 2020 kurang 15 menit. Meskipun capaian waktu tanggap kebakaran terpenuhi, sayangnya sepanjang tahun 2020 kebakaran gedung di Surabaya masih memakan 5 korban meninggal di sepanjang tahun 2021.

“Hasil riset mengungkapkan waktu tanggap kebakaran idealnya sekitar 7 menit sebab api belum terlalu besar, korban bisa terselamatkan, dan kerusakan bangunan belum semakin luas. Sementara apabila waktu respon kebakaran lebih dari 9 menit, api akan semakin besar dan akan semakin sulit api dipadamkan. Akibatnya peluang memakan korban meninggal akan semakin besar dan tingkat kerusakan bangunan akan semakin luas,” ungkap Alfian.

Terakhir, Alfian menambahkan bahwa hal yang terpenting selain penanganan adalah mitigasi kebakaran misalnya minimal setiap RT tersedia APAR atau setiap rumah tangga wajib memiliki APAR dan terlatih penggunaannya, dan terus melakukan edukasi kepada warga melalui simulasi kebakaran di wilayahnya. KBID-DJI-BE

Related posts

Kehilangan dan Kerusakan Kendaraan saat Parkir di Surabaya Dijamin Asuransi

RedaksiKBID

Gubernur Jatim: Atlet Popnas Jatim harus Miliki Jiwa Petarung

RedaksiKBID

Buka TMMD Ke-115, Bupati Bojonegoro Harapkan Akselerasi Pembangunan Tercapai

RedaksiKBID