KampungBerita.id
Madrasah Politik & Pilkada Teranyar

Beri Asupan Pendidikan Luar Sekolah, Chita Coo Bawa Anak Didiknya Keliling Kota

Chita Coo di tengah anak didiknya saat berkeliling kota menggunakan kereta api.

KAMPUNGBERITA.ID – Banyak cara untuk mengasah daya ingat anak agar bisa mengasah kemampuannya di dalam dunia pendidikan. Bukan hanya kegiatan formal di ruang kelas saja, namun perlu proses pendidikan anak ke luar sekolah untuk pengenalan infrastruktur di sekeliling mereka.

Seperti yang dilakukan Ruchita Permatasari. Pengusaha muda yang gemar bersosialita dan tengah bertarung dalam panggung politik ini mengatakan, pendidikan di luar kelas sangat penting untuk pengetahuan dan kemandirian siswa.

Karena itu, Ruchita yang akrab dipanggil Chita Choo, membawa anak didiknya untuk berkeliling kota dengan menggunakan moda transportasi kereta api Jurusan Surabaya – Sidoarjo.

Sekadar diketahui, Chita Choo mendirikan Yayasan Pendidikan yang merupakan yayasan sosial dan menampung para siswa kurang mampu, untuk tetap mendapatkan pendidikan dengan gratis.

“Pendidikan anak seperti ini memang sangat perlu, agar mereka mengenal infrastruktur kota yang ada disekelilingnya. Makanya saya ajak anak-anak naik kereta api,” ungkap Chita Coo yang kini terdaftar sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPRD Jatim dari Partai Golkar.

Sepanjang perjalanannya di dalam kereta, para anak didiknya ini sering bertanya terhadap tempat dan benda-benda yang belum dikenalinya. Seperti siapa kondektur dan sebutan bagi pengemudi kereta, sekaligus tempat-tempat yang di lewati kereta.

“Ekspresinya bermacam-macam ya. Tanya siapa pengemudi kereta dan berkenalan dengan kondektur saat menarik tiket. Bahkan tadi sempat bilang ini Royal saya pernah kesini sama ibu ku. Lalu ada yang teriak ini daerah dekat rumahku. Ternyata daya ingat anak-anak sangat kuat, padahal sambil keretanya jalan,” papar Caleg Dapil Malang ini.

Selain mengenalkan infrastruktur, proses pendidikan di luar ruangan ini, lanjut wanita 28 tahun ini, juga bisa mendidik para siswa untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Menurut dia, saat di stasiun kereta, para siswa saling mengingat untuk cepat waktu agar tidak ketinggalan kereta. Bahkan saat melihat petugas keamanan, para anak-anak ini langsung berinteraksi dengan lingkungan tersebut.

“Katanya, hey jangan gitu nanti dimarahi Satpam lo. Inilah bentuk-bentuk pendidikan yang ditanamkan sejak dini pada anak, agar mereka mengenal bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya,” pungkas wanita yang khatam di dunia entertainment ini.KBID-DJI

Related posts

Jika PSBB Surabaya Diperpanjang, Harus Ada Komitmen Warga dan Pemkot

RedaksiKBID

Keruk Rp 600 Juta dari 11 Korban, Calo CPNS di Mojokerto Diringkus

RedaksiKBID

Sempat Hilang Kontak, Lion Air Jatuh di Tanjung Karawang

RedaksiKBID