KampungBerita.id
Kampung Raya Lakone Surabaya Teranyar

Berobat Gratis Pakai KTP Belum Optimal, Politisi Senior PDI-P Minta Dinkes Tak Istimewakan RS Soewandhie

Politisi senior PDI-P, Baktiono.@KBID- 2022.

KAMPUNGBERITA.ID-Janji pasangan Eri Cahyadi-Armuji untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis, hanya cukup menunjukkan KTP khusus warga Surabaya penghasilan rendah (MBR), ternyata penerapan di lapangan tidak maksimal.

Hal ini disampaikan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Surabaya, Baktiono. Menurut dia, Wali Kota Eri Cahyadi perlu mengevaluasi kinerja Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya.

Baktiono yang juga Sekretaris DPC PDI-P Kota Surabaya ini menyatakan, melihat fakta di lapangan tak sesuai apa yang disampaikan.Contohnya, untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang penghasilannya di bawah Rp 10 juta, namun belum juga terealisasi.

“Saya ini juru kampanye Eri Cahyadi-Armuji, ketika kampanye janji kesehatan gratis cukup pakai KTP khusus warga penghasilan rendah. Buktinya, banyak aduan masuk ke saya tidak bisa dilayani diberbagai fasilitas kesehatan,” kata Baktiono, Selasa (6/9/2022).

Untuk itu, Baktiono juga meminta Dinas Kesehatan Surabaya agar tidak mengistimewakan RSUD Dr. Soewandhie. Apalagi beberapa waktu lalu, Baktiono menceritakan ada pasien yang ditolak berobat di RS Soewandhie wadul ke dirinya. “Ditolak karena kamar penuh, lha itu gedung baru buat apa? Anggaran diberi buat gedung baru, kok masyarakat enggak bisa masuk,”tegas politisi senior PDI-P ini.

Seperti diketahui Pelayanan Jaminan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) yang diwujudkan dengan pendistribusian BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI) atau BPJS Kesehatan gratis dipastikan oleh Dinas Kesehatan tak berat sebelah.

Mengingat pemkot menyediakan anggaran hingga Rp 400 miliar agar pelayanan UHC itu tetap prima untuk melindungi 1.057.321 jiwa yang masuk dalam daftar BPJS PBI. Menggandeng 43 rumah sakit yang bekerjasama, 63 puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) serta di klinik-klinik swasta. KBID-BE

Related posts

Bantu Persiapan Evakuasi, Dinsos Situbondo Kirim Personel Tagana ke Gunung Agung

RedaksiKBID

Pastikan Prosedur Terpenuhi, Reni Astuti Sidak Lokasi Rapid Test dan Swab Massal di Gunung Anyar

RedaksiKBID

Janji Lanjutkan Kemajuan Kota Pahlawan, Haris Purwoko Ikut Penjaringan Calon Wakil Walikota di PDIP

RedaksiKBID