KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

BPJS Manfaatkan Momen SHS 2017 Untuk Lebih Dekati Masyarakat

Surabaya, cakrawalanews.co – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Utama Surabaya terus menggalakkan upaya promotif dan preventif agar masyarakat tidak mudah terjangkit penyakit. Pada gelaran Surabaya Health Season (SHS) 2017, BPJS Kesehatan kembali melakukan hal serupa.

Kepala BPJS Kesehatan KCU Surabaya, Mokhamad Cucu Zakaria mengatakan, SHS 2017 merupakan kesempatan untuk hadir lebih dekat di tengah-tengah masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat. Terlebih SHS cukup banyak dihadiri masyarakat dari seluruh penjuru Surabaya.

Ia mengungkapkan, bentuk keterlibatan BPJS Kesehatan dalam SHS 2017 diantaranya deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan IVA (lnspeksi Visual Asetat) di Puskesmas. Promosi gaya hidup sehat kepada masyarakat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) oleh fasilitas kesehatan utamanya Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dengan kegiatan penyuluhan kesehatan kepada peserta.

Adapula skrining riwayat kesehatan untuk mengetahui resiko peserta terhadap penyakit kronis (Diabetes Mellitus, Hipertensi, Gagal Ginjal Kronis, dan Jantung). Khusus program skrining riwayat Kesehatan sendiri bisa diakses oleh peserta melalui aplikasi BPJS Kesehatan mobile yang bisa diunduh di play store,” tuturnya, Minggu (30/4) di halaman Kantor Balai Kota Surabaya.

Sebagai bentuk dukungan pada kegiatan SHS 2017, sambung Cucu, pihaknya juga menambah akses layanan pendaftaran peserta di beberapa pusat perbelanjaan pada hari Sabtu dan Minggu selama bulan Mei 2017, bersama dengan layanan kesehatan yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan. “BPJS Kesehatan bersama dengan fasilitas kesehatan berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas layanan kepada peserta untuk mewujudkan jaminan kesehatan yang berkualitas dan berkesinambungan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Cucu menyebutkan sampai dengan bulan April 2017, jumlah warga Surabaya yang telah didaftarkan sebagai peserta JKN-KlS oleh Pemerintah Kota Surabaya sebesar 289.251 dan total jumlah warga Surabaya yang telah menjadi peserta JKN-KIS sebesar 2.361.177.

Sebagai informasi,  jumlah fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan di wilayah Kota Surabaya yaitu sebanyak 62 Puskesmas, 33 Dokter Umum, 10 Dokter Gigi, 69 Klinik Pratama, 20 Klinik TNI, 5 Klinik Polri, 32 Apotek Rujuk.

Related posts

Hari Pertama PSBB, Suasana Sidoarjo Sepi saat Malam Hari

RedaksiKBID

Penyelundupan Ratusan Satwa Ilegal Digagalkan di Pelabuhan Tanjung Perak

RedaksiKBID

Tak Ingin Buru-buru, Whisnu Sakti Lihat Kondisi untuk Buka Pembelajaran Tatap Muka

RedaksiKBID