KampungBerita.id
Kampung Raya Teranyar

Bupati Anna Berharap PTS di Wilayah Bojonegoro Percepat Peningkatan IPM

KAMPUNGBERITA – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menekankan pentingnya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dalam dunia pendidikan. Untuk itu, Pemkab Bojonegoro berharap Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Bojonegoro untuk ikut mempercepat peningkatan IPM.

Penegasan ini disampaikan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri) yang dilaksanakan di Pendopo Malowopati, Kamis (20/07/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menuturkan bahwa Pemkab telah menyiapkan dasar-dasar untuk mendorong dan mendukung peningkatan IPM di Bojonegoro. Salah satu tolak ukur IPM ada tiga faktor yaitu pendidikan, ekonomi dan kesehatan.

“Dalam kurun waktu 5 tahun ini dan waktu yang akan datang, pemerintah berkomitmen menumbuhkembangkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Bojonegoro,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ibu Pembangunan Desa ini menjelaskan bahwa saat ini IPM di Bojonegoro memasuki angka 70,12 yang sebelumnya berada di angka 69,59. Selain itu, untuk mendorong peningkatan IPM, Pemkab Bojonegoro juga telah membuat program dana abadi pendidikan. 

“Kalau peraturan daerah (Perda) dana abadi disetujui mungkin satu-satunya di Indonesia baru ada di Bojonegoro,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Anna juga menambahkan bahwa pemerintah sedang menuntut sekolah-sekolah yang muridnya tidak memenuhi rasio murid-guru. Karena komponen di SDN adalah terdapat 6 guru kelas, 1 kepala sekolah, 1 guru PAI dan 1 penjaskes. Sesuai data rasio guru, Bojonegoro masih kekurangan sekitar 4.000 guru. 

Oleh karena itu, dalam dua tahun ini ada 13 SDN yang di-merger dengan tujuan untuk memanajemen dan memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas.

“Tahun 2022 Bojonegoro mengangkat PPPK terbesar secara nasional. Sementara tahun 2023 Pemkab Bojonegoro mengusulkan 1.894 formasi PPPK,” imbuhnya.

Selain itu, Bu Anna, sapaan akrabnya, berharap agar PTS di Bojonegoro ikut mempercepat peningkatan IPM. “Semoga bisa saling bersinergi antara mahasiswa PTN dan PTS dan membawa pengaruh yang positif bagi masyarakat sekitar,” pungkasnya.KBID-JUP

Related posts

Perketat Pengawasan, Jaga Kualitas Beras hingga KPM

KBIDTuban

Jadi Saksi Kasus Jasmas, Baktiono: Armuji harus Jujur

RedaksiKBID

Pengelolan SMA/SMK Ditangani Pemprov, Komisi D Sarankan Pemkot Keluarkan Kartu ‘Surabaya Pintar’

RedaksiKBID