KampungBerita.id
Headline Politik & Pilkada Teranyar

Deklarasi Damai, Khofifah Siap ‘Kerja’, Gus Ipul Siap Wujdukan Pilgub Damai


Pasangan Cagub-Cawagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak (Khofifah-Emil) dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Puti) saat mendatangi lokasi acara Deklarasi Damai di Giant Maspion Square, Surabaya, Minggu, (18/2).

KAMPUNGEBRITA.ID – Dua pasangan calon gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak (Khofifah-Emil) dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Puti) menghadiri acara Deklarasi Damai yang digelar KPU Jatim di Giant Maspion Square, Surabaya, Minggu, (18/2).

Khofifah bersama Emil berangkat dari Rumah Aspirasi, Jalan Diponegoro, sekitar pukul 07.30 WIB dengan menaiki truk terbuka.

Selain itu, Khofifah-Emil juga diarak, diantar oleh ribuan pendukung, dari relawan, simpatisan serta kader partai yang mengusungnya dari berbagai daerah se-Jawa Timur.

Sepanjang perjalanan, pasangan calon nomor urut 1 itu terus menyapa masyarakat. Keduanya juga kompak mengacungkan telunjuk jarinya sebagai simbol nomor urut 1.

“Sebelum berangkat mengikuti pawai kampanye damai mari kita baca ummul Fatihah bersama-sama. Mudah-mudahan perjalanan kita lancar,” kata Khofifah saat memimpin doa.

Setibanya di lokasi, Khofifah -Emil langsung disambut oleh para kiai dan puluhan ribu pendukung, baik dari unsur partai pengusung maupun berbagai elemen relawan yang sudah menunggu.

Pasangan yang memiliki tagline ‘Kerja’ itu langsung diarak menggunakan kereta kencana menuju titik lokasi deklarasi. Selain meneriakkan yel-yel dukungan, para relawan juga kompak melantunkan salawat nabi. Bahkan, melalui pengeras suara, Khofifah memimpin pembacaan sholawat.

Sekedar diketahui, paslon Khofifah – Emil Dardak, dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018, diusung dari Demokrat (13 kursi), Golkar (11 kursi), Partai Amanat Nasional (7 Kursi), PPP (5 kursi), NasDem (4 kursi), Hanura (2 kursi), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Sementara pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Jatim H Saifullah Yusuf dan Hj Puti Guntur Soekarno atau Gus Ipul-Puti bertekad mewujudkan pilkada damai di Pilgub Jatim 2018. Tekad itu disampaikan Gus Ipul-Puti saat menghadiri Deklarasi Kampanye Damai di Maspion Square, Surabaya, Minggu (18/2).

“Ini adalah acara yang indah, demokrasi yang membuat warga bahagia. Saya sepakat pilkada damai harga mati. Saya siapa menghadirkan Pilgub yang damai,” ujarnya.

Menurutnya, Pancasila jika diperas akan menemukan saripati bernama gotong royong. Bersatunya partai-partai pengusung pasangan Gus Ipul-Puti yakni PKB, PDIP Perjuangan, PKS dan Partai Gerindra adalah wujud gotong royong tersebut.

“Jika di daerah lain sulit menemukan partai-partai bisa bersatu, tapi di Jawa Timur bisa terjadi. Semua bergotong royong sukseskan Pilgub Jatim. Itulah modal kami untuk membangun Jatim yang berkelanjutan,” ujar Cagub Jatim nomor urut 2 ini.

Sementara Puti Guntur Soekarno dalam kesempatan itu menyampaikan, demokrasi mengajarkan berbeda pendapat dan demokrasi memiliki keyakinan masing-masing.

“Jatim telah menjadi saksi banyak sejarah dalam merajut merah putih. Contohnya adalah sumpah amukti palapa oleh Gajah Mada. Pada Pilkada kalai ini, hijaunya Jatim dan merahnya darah kita akan menjadi saksi perjuangan kami menciptakan Jawa Timur yang makmur. Kabeh sedulur kabeh makmur,” kata cucu Presiden pertama RI Soekarno. KBID-NAK

Related posts

Motor Tabrak Penyeberang Jalan, Korban dan Pengendara Luka-luka

RedaksiKBID

Siap Jaga Kondusifitas Kamtibmas, Perguruan Silat di Sidoarjo Deklarasi Damai

RedaksiKBID

PPDB Surabaya Gunakan Tiga Jalur Penerimaan Siswa

RedaksiKBID