KampungBerita.id
Politik & Pilkada Teranyar

Di Gresik, Gus Ipul Gayeng Bersama Ribuan Ibu-ibu Muslimat

Gus Ipul gayeng dan sangat akrab di tengah ribuan ibu-ibu Muslimat yang mengikuti Tahlil Akbar Muslimat Gresik, Minggu (29/4).

KAMPUNGBERITA.ID – Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul) gayeng dan sangat akrab di tengah ribuan ibu-ibu Muslimat yang mengikuti Tahlil Akbar Muslimat Gresik, Minggu (29/4).

Berlangsung di Driyorejo, Gresik, acara dihadiri ribuan jemaah dari dua badan otonom perempuan Nahdlatul Ulama (NU), Muslimat NU dan Fatayat NU. Satu persatu, Gus Ipul menyalami para jemaah yang hadir. Beberapa dari ibu-ibu ini juga mengajak selfie.

“Maaf tidak bisa menyalami semuanya. Yang penting sehat semuanya ya,” sapa Gus Ipul.

Saking banyaknya yang meminta bersalaman, Gus Ipul sampai dua kali bersalaman yakni saat datang menyalami bagian sisi kiri barisan jemaah dan saat pulang dilanjutkan untuk menyalami yang sisi kanan.

“Muslimat dan Fatayat adalah ormas besar dengan anggota perempuan terbanyak di Jawa Timur. Keduanya memiliki peran kuat dalam mengawal pembangunan di Jawa Timur,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul mencontohkan beberapa peluang usaha berazas gotong royong yang bisa dikembangkan oleh perempuan. Khususnya, bagi Muslimat dan Fatayat. Misalnya dengan mengembangkan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Timur.

“Lebih dari 52 persen UMKM di Jawa Timur dikembangkan oleh perempuan. Inilah potensi yang bisa dikembangkan,”tegas Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini.

Koperasi dan UMKM merupakan salah satu contoh pengembangan ekonomi berbasis kekeluargaan. Mengembangkan konsep gotong royong, perempuan dinilai memiliki nilai lebih dalam mengembangkan aspek ini.

Menurut Gus Ipul, meningkatkan kesejahteraan perempuan juga merupakan salah satu intruksi kiai kepadanya.
Untuk itulah, ia lantas memasukkannya dalam berbagai program. Mulai dari Superstar (Sentra UMKM dan Pemberdayaan Start Up), hingga Rembulan (Program pemuliaan untuk Perempuan, Anak, hingga lansia). KBID-NAK

Related posts

Delapan CJH Kuota Regular di Sumenep Belum Lunasi Biaya Haji

RedaksiKBID

Pilkades Sidoarjo, Suami Istri Bersaing Rebut Kursi Kepala Desa

RedaksiKBID

Dinilai Berpengalaman, Demokrat Siap Dukung Jenderal Machfud pada Pilwali Surabaya

RedaksiKBID