KampungBerita.id
Madrasah Teranyar

Dinas Pendidikan Kota Mojokerto Terapkan Lima Hari Sekolah untuk SD dan SMP

Berangkat ke sekolah.@KBIDilustrasi2018

KAMPUNGBERITA.ID – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Moyokerto bakal menjajal sistem lima hari sekolah untuk jenjang SD dan SMP Negeri. Penerapan pola baru tersebut sedianya langsung diterapkan mulai tahun ajaran baru 2018-2019, Senin (16/7) ini.

“Semua sudah kita kumpulkan, baik pengurus sekolah guru dan kepala sekolah, efektif mulai awal masuk tahun ajaran baru, Senin 16 Juli 2018,” aku Amin Wachid, Kepala Dispendik Kota Mojokerto.

Amien juga menjelaskan, kebijakan lima hari sekolah ini merujuk pada program penguatan pendidikan karakter (PPK) yang digagas Kemendikbud. “Tinggal mengatur mekanismenya yang menyangkut kegiatan belajar belajar (KBM), baik jadwal maupun kegiatannya,” tambahnya.

Dengan penerapan lima hari sekolah, secara otomatis akan ada penambahan waktu belajar sesuai dengan tingkatannya, namun secara umum tidak akan lebih dari 1 jam 45 menit. “Untuk SD pulangnya pukul 14:15 WIB, kalau SMP pulangnya pukul 15:00 namun belum pulang berbunyi pukul 15:15 WIB,” terangnya.

Dalam lima hari sekolah ini tidak hanya diisi pelajaran umum secara penuh, namun juga berbagai kegiatan pembentukan karakter juga ekstrakurikuler. “Hari Sabtu, kita harapkan bisa dimanfaatkan siswa untuk berkumpul dengan keluarga,” pungkasnya. KBID-MJK

Related posts

Demokrat : Machfud Arifin-Muijiaman Bisa Bawa Surabaya Lebih Baik

RedaksiKBID

Bangsa sedang Berduka, Peringatan HUT TNI k-73 Digelar Sederhana

RedaksiKBID

Sambangi Ruang Kerja Wawali, Kartar Surabaya Paparkan Program Kerja

RedaksiKBID