KampungBerita.id
Headline Nasional Teranyar

Hari Armada RI, Kasal: Ini Momen untuk Introspeksi Diri

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi SE MAP saat dibopong para prajurit TNI AL pada Hari Armada RI di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya,

KAMPUNGBERITA.ID – TNI AL merayakan Hari Armada ke-72 tahun dengan puncak peringatan dilakukan seremoni upacara di Dermaga Madura Koarmatim Ujung Surabaya, Selasa (5/12). Upacara itu dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi.

Hadir dalam acara ini, para Pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL, Pangarmabar Laksamana Muda (Laksda) TNI Aan Kurnia SSos, para Mantan KASAL dari masa ke masa, para Mantan Panglima Armada RI, para Pejabat Utama Koarmatim.

Pemimpin tertinggi TNI AL tersebut menegaskan, momen Hari Armada menjadi ajang untuk introspeksi bagi seluruh jajaran TNI AL. “Upacara peringatan ini merupakan wujud introspeksi dan evaluasi bagi jajaran Armada RI atas pelaksanaan tugas yang telah diemban. Dengan begitu maka ke depan haruslah bisa semakin baik,” kata Laksamana TNI Ade Supandi dalam sambutannya.

Laksamana Ade Supandi menjelaskan, peringatan Hari Armada RI yang dilaksanakan setiap tahun bukan merupakan serangkaian kegiatan seremonial semata. Namun di balik itu terdapat makna rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena hingga saat ini, Komando Armada RI masih dapat melaksanakan tugas sebagai Bhayangkari negara di laut.

Menurutnya, perubahan lingkungan strategis, baik global, regional maupun nasional, bergerak sangat cepat dan dinamis, sehingga sulit untuk diprediksi. Dinamika politik dan keamanan internasional maupun regional, lanjut dia, juga diwarnai berbagai isu antara lain eksistensi ISIS, peningkatan ketegangan di laut Tiongkok Selatan dan semenanjung Korea.

“Saat ini memang masa damai dan tidak terjadi konflik atau perang. Namun prajurit AL terus dilatih sebagai persiapan menghadapi perang. Siapa yang ingin damai harus siap berperang. Kami tetap berlatih terkait fungsi peperangan laut untuk meningkatkan kapasitas kemampuan SDM,” tegasnya.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan aksi paduan suara dari Gabungan Jalasenastri dan prajurit TNI Angkatan Laut, penampilan GS Taruna AAL yang berkolaborasi dengan Reog Ponorogo, demo sea cast dan recovery sea rider Kopaska dan demo 20 peterjun freefall dari Kopaska maupun Yontaifib Marinir yang satu di antaranya adalah Srikandi Kowal. Selain itu juga ada demo Flying Pass Helly, Cassa dan Bonanza Boom Burst dari Puspenerbal, serta pelaksanaan defile dari Kotama TNI Angkatan Laut wilayah Barat dan Timur.KBID-HUM

Related posts

Pemkab Mojokerto Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-71, Hari Nusantara dan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019

RedaksiKBID

Polda Jatim Gelar Tes Psikologi Calon Anggota Bawaslu

RedaksiKBID

KPU Kota Mojokerto Sortir 100.425 Surat Suara untuk Pilwali 2018

RedaksiKBID