KampungBerita.id
Headline Kampung Raya Nasional Surabaya Teranyar

Idul Fitri Jatuh pada 2 Mei 2022, Menag Imbau Umat Islam Jaga Keamanan dan Ketertiban

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.@KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-Hasil sidang isbat, Minggu (1/5/2022), menyatakan 1 Syawal dan Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada Senin (2/5/2022).

Keputusan ini disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas setelah sidang isbat usai dilaksanakan di Kementerian Agama (Kemenag), Minggu (1/5/2022).

Yaqut mengimbau agar umat Islam di seluruh Indonesia menjaga keamanan dan ketertiban. “Kami menyampaikan imbauan kepada seluruh umat Islam di Indonesia untuk tetap menjaga kemananan dan ketertiban, menuju masyarakat yang moderat dan toleran dalam menjaga NKRI,” ujar Yaqut dalam jumpa pers di Kementerian Agama seperti dilansir Antara, Minggu (1/5/2022).

Dia pun menyampaikan selamat Idul Fitri kepada umat Islam di Indonesia. “Selaku Menteri Agama dan mewakili pemerintah, serta selaku pribadi, izinkan saya menyampaikan selamat Idul Fitri 1443 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin,”kata dia.

Pada kesempatan itu, Yaqut menjelaskan, kesepatan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada 2 Mei 2022 didasarkan pada dua hal.

“Pertama, kita telah mendengar paparan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag yang menyampaikan bahwa ketinggian hilal di seluruh Indonesia berada pada posisi 4 derajat 0,59 menit sampai dengan 5 derajat 33,57 menit,”ungkap Yaqut.

Selain itu, lanjut dia, dilihat pada parameter elongasi geosentrik berkisar antara 5,2 derajat sampai dengan 7,2 derajat. Sementara rentang elongasi toposentris berada pada kisaran 4,9 derajat sampai dengan 6,4 derajat.

“Dengan parameter-parameter ini, maka posisi hilal di Indonesia saat ini telah memenuhi Kriteria Baru MABIMS (Menteri Agama Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Singapura),” tutur Yaqut.

Kedua, jelas dia, kemenag telah melaksanakan pemantauan atau rukyatul hilal pada 99 titik di Indonesia.

Kemenag juga telah mendengar laporan dari sejumlah perukyah hilal yang bekerja di bawah sumpah pengadilan agama Kabupaten/Kota setempat, mulai dari provinsi Aceh hingga Papua.

“Berdasarkan laporan yang disampaikan, terdapat perukyah yang menyatakan melihat hilal di beberapa titik,” jelas Yaqut.

Lebih jauh, dia menambahkan,
dengan hasil sidang isbat 1 Syawal tersebut, maka seluruh umat Islam di Indonesia merayakan Lebaran secara serentak tahun ini.

Menurut Yaqut, perayaan Idul Fitri secara serentak merupakan wujud kebersamaan umat Islam di Indonesia. “Umat Islam bisa merasakan Idul Fitri bersama-sama. Ini cerminan kebersamaan umat Islam di Indonesia, ” pungkas dia.KBID-BE/ANT

Related posts

Dijemput Ibunya, Pelajar Demonstran di Surabaya Menangis

RedaksiKBID

Ada Saja, Maling Beraksi di Tengah Kerumunan Warga saat Melihat Pancarian Korban Tenggelam

RedaksiKBID

Banyak Terjadi Pelanggaran, Komisi C Akan Evaluasi Perizinan Perumahan Eastern Park Residence

RedaksiKBID