KampungBerita.id
Kampung Gaya Surabaya Teranyar

Kemenpar Gencar Sosialisasikan Gerakan Sapta Pesona

Kasubid Sadar Wisata Kemenpar RI, Arum Damarintyas, dan Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Pengelolaan Destinasi Disbudpar Jatim Sai’in menyerahkan bak sampah, di Pantai Kenjeran.

KAMPUNGBERITA.ID – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia terus gencarkan Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona Tahun 2017. Sosialisasi dibuka Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pengelolaan Destinasi Disbudpar Jatim Sai’in di Pantai Kenjeran Surabaya, beberapa waktu.

Kadisbudpar Jatim dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan sosialisasi Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona ini. Menurut Jarianto, Pantai Kenjeran adalah salah satu obyek wisata unggulan di kota Surabaya yang terus mengalami perkembangan, baik dari peningkatan sarana dan prasarana maupun tingkatan kunjungan wisatawan ke tempat ini.

Lebih lanjut, Jarianto juga mengatakan warga masyarakat Surabaya harus selalu menanamkan jiwa yang terkandung dalam Sapta Pesona yakni keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan dan keamanan dalam melayani wisatawan, sehingga menjadi pendukung tumbuhnya iklim kepariwisataan dan menjiwai nilai kearifan budaya lokal. “Untuk menciptakan kenyamanan, keamanan dan kebersihan ini diperlukan kesadaran diri sendiri,” imbuhnya.

Ditambahkan pula bahwa pariwisata ini menjadi program unggulan dari pemerintahan sekarang. Dimana pada tahun 2019 mendatang jumlah kunjungan wisatawan ditargetkan sebanyak 20 juta wisatawan. Mudah-mudahan target 20 juta wisatawan ditahun 2019 bisa tercapai,” ucapnya.

Selain itu, dari fungsi yang dimiliki yakni pengawasan, penganggaran dan legislasi ini diharapkan dapat mengetahui secara teknis bagaimana pelaksanaan program dari kementerian ini dalam memberi informasi program-program kepada masyarakat.

“Melalui kegiatan ini juga sekaligus menyerap aspirasi masyarakat untuk mengembangkan desa wisata ini,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Sadar Wisata Kementrian Pariwisata, Arum Damarintyas mengatakan Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona merupakan salah satu dari 10 program proritas Kementrian Pariwisata pada tahun 2017 untuk mendorong sinegritas demi menciptakan iklim yang kondusif bagi kepariwisataan Indonesia. Sapta Pesona yaitu aman, tertib, bersih, indah, sejuk, ramah dan kenangan.
Sadar Wisata didefinisikan sebagai sebuah kondisi yang menggambarkan kesadaran yang mendorong partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mewujudkan iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di suatu tempat/wilayah.

Arum Damarintyas menambahkan dalam kegiatan ini juga dilaksanakan aksi Sapta Pesona yakni bersih-bersih objek wisata disekitar Pantai Kenjeran Surabaya. Kegiatan ini diikuti 200 orang peserta yang terdiri dari unsur OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Tokoh Masyarakat serta Pengelola Desa Wisata, pramuka dan puluhan media dari Jawa Timur.

Usai pembukaan dan sambutan, dilanjutkan dengan dialog interaktif yang menghadirkan narasumber dari DPR RI Fraksi PDIP dan juga dari kementerian pariwisata. Banyak hal yang dibedah dalam dialog yang dipandu oleh moderar dari Disbudpar Jatim Sugiono itu. Bahkan ada peserta yang menyoroti soal keberadaan Pantai Kenjeran yang hingga saat ini tidak bisa diberantas, yakni kawasan yang terkenal dengan daerah mesum bagi kawula muda khususnya. Meski demikian narasumber hanya bisa menyampaikan pandangannya dan solusinya. Soal kebijakan larangan mesum dikembalikan kepada pengelola dan pengambil kebijakan.

Dalam aksi bersih-bersih ini masyarakat juga diberikan alat kebersihan berupa sarung tangan, sapu, serokan dan kantung pelastik, sehingga semua elemen masyarakat dapat merasakan langsung untuk bersama menjaga obyek wisata yang ada di daerahnya dan membiasakan diri untuk peduli pada kebersihan lingkungan sekitar.
Disamping itu untuk memeriahkan acara, panitia juga mengadakan game bagi peserta untuk merebutkan berbagai hadiah menarik bagi para pemenang. Ternyata permainan ini malah membuat peserta makin semangat, meski cuaca sangat panas. KBID-NAK

Related posts

Aset Kampus Hilang, Mahasiswa Unitomo Bakat Ban di Depan Rektorat

RedaksiKBID

Satgas Covid-19 Kecamatan Krembung Gelar Operasi Yustiri Penegakan PPKM Jilis III

RedaksiKBID

Phobia dengan Covid-19, Warga Menanggal Tolak Rumah Sakit di Cito Mall

RedaksiKBID