KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

LIPI – Pemkot Surabaya Kerjasama Bangun Kebun Raya Mangrove

Penandatanganan MoU antara Pemkot Surabaya dan LIPI untuk membangun Kebun Raya Mangrove.@KBIDHUMAS2018

KAMPUNGBERITA.ID – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memiliki Kebun Raya Mangrove akhirnya terwujud setelah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melakukan penandatangan MoU pada acara puncak Jaga Bumi di Jalan Tunjungan Surabaya, Minggu (29/4).

Acara dilanjutkan dengan penyerahan prasasti dan bibit mangrove oleh Kepala Pusat Kebun Raya Indonesia kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Joestamadji. MoU disaksikan secara langsung oleh Ketua Umum Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI), Megawati Soekarnoputri bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan rasa terima kasih dan bangga karena Surabaya dipilih sebagai tuan rumah Jaga Bumi sekaligus dilaunchingnya Kebun Raya Mangrove Surabaya pertama di dunia. “Akan menjadi sebuah kebanggaan yang luar biasa ke depannya. Kita buat penghijauan terus agar warganya betah,” kata Wali Kota Risma diiringi tepuk tangan dari warga.

Keberhasilan membangun lingkungan yang asri dan segar tidak hanya membuat warga nyaman tetapi juga mampu mengurangi suhu panas di Surabaya karena banyak warga banyak menanam dan membersihkan lingkungan. “Ini sekarang sudah turun 2 derajat. Semoga, niat untuk menjaga lingkungan dapat diteruskan sampai anak turunan kita,” ujar mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan itu.

Ketua Umum Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) Megawati Soekarnoputri mengungkapkan, alasan mendirikan YKRI karena dirinya prihatin akan kondisi kebun raya di Indonesia saat dirinya menjabat sebagai wakil presiden. “Saya kemudian mengambil keputusan untuk membuat yayasan ini,” jelasnya.

Setelah sekian lama, lanjut Mega – sapaan akrabnya, usaha mendirikan kebun raya tidak sia-sia, karena masyarakat merespon dengan menunjukkan cinta dan kasih sayang terhadap tumbuh-tumbuhan dan hewan. “Indonesia memiliki flora dan fauna terbesar dan oleh dunia diakui mampu menyumbang oksigen bagi dunia,” terang Megawati.

Di sisi lain, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memuji Wali Kota Tri Rismaharini. Meski cerewet, namun Risma dapat mewujudkan Kota Surabaya menjadi hijau dan bersih. Hal ini diungkapkan Megawati saat berkunjung ke kampung Margorukun, Surabaya, Minggu (29/4).

Megawati mengaku jika dirinya saat menjabat sebagai Presiden RI juga sering blusukan. “Saya dulu juga blusukan saat jadi presiden, tapi Semua tugas saya sudah saya serahkan ke ibu tercinta Wali Kota bu Risma. Sayang apa tidak sama bu Risma. Cerewet ora opo opo to?” kata Megawati.

Ia mengaku sudah lama mengenal Risma saat menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya.KBID-HUM

Related posts

Sakit Lambung, Kiai Mas Ubaidah Tambak Sumur Berpulang

RedaksiKBID

Lima Kali Beraksi, Residivis Pencurian Lima Kali Ditangkap

RedaksiKBID

Antisipasi Banjir dan Kekeringan, Pemkot Perbanyak Bangun Bozem

RedaksiKBID