KampungBerita.id
Olahraga Surabaya Teranyar

Menpora: GBT Layak Dipakai, Tapi yang Menentukan Venue FIFA

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.@KBID2019

KAMPUNGBERITA.ID – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menilai, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) memang layak dipakai untuk menggelar pertandingan internasional. Namun, untuk menjadi tempat pertandingan Piala Dunia U-20, masih harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh FIFA.

Syarat-syarat itu, antara lain standarisasi stadion, lapangan pendukung dan sarana prasarana yang lain. “Akses masuk dan lapangan pendukung jadi pertimbangan,” tandasnya.

Dengan melihat kondisi GBT tersebut, Zainudin mengaku belum tahu apakah ada potensi GBT tak dipakai untuk venue PD U-20.

“Saya tidak tahu. Saya belum ketemu Gubernur Jatim, Wali Kota Surabaya dan stake holder lainnya. Dengan KONI, saya sudah ngobrol informal saja,” tuturnya kepada awak media usai mendapati pintu masuk GBT terkunci.

Lantaran terkunci itulah, dirinya tidak bisa meninjau langsung ke dalam Stadion GBT perihal persiapan vebnue Piala Dunia U-20.Karena itu, pihaknya akan menemui gubernur, wali kota, KONI dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jatim.

“Kita harus duduk bersama tanpa mencari siapa yang salah. Duduk bersama untuk mencari jalan keluar. Kita cari jalan keluar stadion mana yang sekiranya layak untuk ditentukan dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan FIFA,” paparnya.

Pihaknya juga menegaskan FIFA telah menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah PD U-20. Karena itu, stadion mana yang akan dipakai untuk pertandingan PD U-20, FIFA yang menetapkan.

“Yang menentukan venue itu FIFA, bukan pemerintah. Sebagai orang dari Jatim, tentu berharap rek. Kita berharap Jatim dan Bali itu menjadi tempat pertandingan,” ujarnya.

Apakah hal itu bukan berarti pemerintah ikut campur tangan dalam menentukan tempat pertandingan? Zainudin menyebut campur tangan pemerintah bukan seperti itu. Bagaimanapun pemerintah ikut mempersiapkan sarana prasarana agar pelaksanaan PD U-20 berjalan sukses.

Kalau tidak ada jaminan dari pemerintah, lanjutnya, maka Indonesia tidak mendapat kesempatan menjadi tuan rumah PD U-20. Karena presiden Jokowi mengirim surat ke FIFA, kemudian ada jaminan dari Menteri Keuangan, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Tenaga Kerja, Menteri Komunikasi dan Informatika serta Kapolri, maka Indonesia bisa menang.

“Ingat lawan kita saat penentuan tuan rumah PD U-20 itu, Brasil, Peru dan tiga gabungan negara Arab. Dari tradisi sepakbola, kita pasti kalah dari Brasil. Lalu, dari sisi keuangan dengan tiga gabungan negara Arab, kita juga kalah. Tapi karena jaminan pemerintah, maka FIFA melihat Indonesia layak menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20,” ungkapnya.

Karena itu, Presiden FIFA terbang ke Bangkok khusus untuk menyampaikan selamat kepada Presiden Jokowi dan minta untuk supaya melakukan pengembangan sepakbola di Indonesia. KBID-DAY

Related posts

Debat Terakhir Pilkada Surabaya, Dua Paslon akan Tampil Maksimal

RedaksiKBID

Bantu Ringankan Beban Masyarakat, Golkar Surabaya Bagikan Ratusan Paket Sembako

RedaksiKBID

Komisi C Soroti Proyek  di Asemrowo, Papan Pengumuman dan Direksi Keet Sudah Berdiri tapi Tak Ada Aktivitas

RedaksiKBID