KampungBerita.id
Kampung Raya Madrasah Peristiwa Surabaya Teranyar

Pasca Lebaran 2022, Tidak Ada Tambahan Libur Sekolah

Ilustrasi pembelajaran tatap muka. @KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-Dinas Pendidikan Jatim tidak menerapkan penambahan hari libur bagi sektor pendidikan, usai Lebaran 2022. Sehingga dipastikan pada hari ini, Senin (9/5/2022) sekolah masuk sebagaimana terlihat.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menuturkan, seluruh sekolah yang menjadi kewenangan Pemprov Jatim, mulai dari SMA, SMK, dan Madratsah Aliyah (MA) tetap masuk dan menerapkan pembelajaran tatap muka.

“Di Jatim tidak ada tambahan hari libur untuk pendidikan. Jadi semua sekolah tetap masuk pada hari ini,”ujar dia seperti dilansir KBRN, Senin (5/9/2022)

Namun dia mengakui, ada beberapa provinsi yang menerapkan kebijakan penambahan hari libur sekolah, karena menjadi arus balik. Namun ditekankannya, Jatim mengingatkan wilayah tujuan arus balik, sehingga tidak memerlukan tambahan hari libur sekolah.

“Jadi kalau ada provinsi lain yang menambah libur karena mungkin ada arus balik ya, tapi kalau di Jatim ini kan tidak. Jadi suasananya berbeda, maka tidak ada urgensi untuk menambah libur itu, kita tetap hari ini semua sekolah masuk,”tandas dia.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memperpanjang masa libur sekolah, alasannya adalah untuk mengantisipasi kemacetan.

Namun kebijakan itu dilakukan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari, yang semula masuk sekolah 9 Mei 2022 menjadi 12 Mei 2022.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut, keputusan untuk mengubah jadwal masuk sekolah setelah Lebaran 2022 adalah langkah yang tepat. Dia mengatakan, langkah mengubah jadwal masuk sekolah ini untuk menghindari kemacetan parah di puncak arus balik pada 6 hingga 8 Mei 2022. KBID-BE/KBRN

Related posts

Peringati HUT KORPRI ke-47, Gubernur: ASN Garda Terdepan Layani Masyarakat

RedaksiKBID

Kuatkan Putusan PN, Kejaksaan Tinggi Nyatakan Karanggayam Milik Persebaya

RedaksiKBID

DPRD Surabaya Minta PDAM Perbaiki Kualitas Layanan

RedaksiKBID