KampungBerita.id
Bumi Malang Kampung Gaya Teranyar

Pembina Glintung Go Green Malang Masuk Nominasi Kalpataru

Ir Bambang Irianto menjelaskan program 3G saat menerima kunjungan

KAMPUNGBERITA.ID – Ir Bambang Irianto, satu satunya nominator peraih penghargaan Kalpataru yang menjabat sebagai Ketua RW, dari RW 23, Kelurahan Purwantoro, Blimbing Kota Malang Jawa Timur. Dia masuk nominasi setelah diverifikasi dan validasi tim Bidang Cinta Alam (BCA) Kementerian Lingkungan Hidup pada Jumat (27/04) lalu.

Dirinya masuk nominator, karena dianggap berhasil membina kampung Go Green Glintung (3G) Malang, dan beberapa kota atau kabupaten lainnya, bahkan mampu Go Internasional.

Bambang menegaskan, penghargaan apapun bentuknya, bukan menjadi target utamanya, dari sebuah perjuangan dan pembinaan lingkungan, selama ini digagasnya bersama warga.

“Melainkan sebagai motivasi, membangun, membina serta berkarya pada lingkungan bersama warga. Menang atau tidak, tetap memberikan pembinaan kepada siapa pun,” tegasnya.

Ahmad Junaedi, tim verifikasi dan validasi dari KLH menyampaikan, terdapat 20 nominator masuk diempat kategori yakni Perintis, Pengabdi, Penyelamat serta Pembina Lingkungan. “Ketua RW 23 ini masuk kategori pembina,” kata Junaedi.

Kunjungan verifikasi dan validasi ini, untuk membuktikan kegiatan yang sebenarnya. Hasilya kita laporkan ke Dewan Pertimbangan Kalpataru, sebagai bahan rumusan keputusan pemenang Kalpataru. ”Dan pengumumannya, kita tunggu kapan keputusannya dikeluarkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Lucky Hariyanti, Kabid Penataan dan Pentaatan lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Mojokerto yang berkunjung ke Malang menuturkan, DLH Kota Mojokerto, tentunya ingin mengadopsi sebagian program dan tata kelola kampung Go Green Glintung (3G). Kita sesuaikan dengan program ‘Kampung Setia’ milik Kota Mojokerto.

“Banyak hal yang kita lihat dan kita rasakan langsung, sejak masuk area perkampungan. Menjadikan kami merasa betah,” katanya. KBID-MLG

Related posts

Vaksinasi Serentak Mojokerto, Prioritas Nakes Siapkan 3.120 Dosis

RedaksiKBID

Garis Pantai Surabaya Timur ‘Dimakan’ Pengembang, PKB Minta Perda RT/RW Direvisi

RedaksiKBID

Jadi Pasar Tangguh, Syarat Mutlak Masuk Pasar Keputran harus Bermasker

RedaksiKBID