KampungBerita.id
Headline Kampung Raya Teranyar

Pompa Rusak, Penyebab Jalan Raya Porong Sering Tergenang Air

Luberan air yang meluap di jalan raya Porong, Minggu (20/5).

KAMPUNGBERITA.ID – Jalan Raya Porong kerap mengalami kebanjiran hingga membuat sejumlah pengguna jalan harus berhati-hati ketika melintas. Diduga, air dari drainase meluap ke jalan raya lantaran tidak dipompa. Sementara, empat pompa yang terletak di dua lokasi dalam kondisi sudah rusak.

Humas Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS), Hengki Listria Adi membenarkan empat pompa miliknya yang berada di dua lokasi rusak.

Dia menggatakan, dua pompa yang letaknya di pintu masuk tol Sidoarjo dan dua lagi di titik 71 desa Ketapang.

“Saat ini petugas masih memperbaiki pompa air. Kami belum bisa memastikan kapan pembenahan itu tuntas karena Kami harus membeli komponen mesin,” ujar Hengki, Minggu (20/5).

Terkait genangan air yang sedang merendam jalan raya Porong sisi Timur (arah Malang, red) pihaknya akan berupaya mengatasi dengan cara mengalihkan ke sungai Ketapang melalui drainese.

“Air akan dialirkan menuju sungai Ketapang. Yakni lewat saluran drainase,” cetus Hengki.

Genangan air membuat jalan raya Porong sisi timur tergenang. Arus lalu lintas tersendat. Bahkan membuat beberapa pengendara motor berhenti.

“Saya berhenti dulu sebentar. Sembari melihat pengendara di depan yang sedang lewat. Dari pada mesin mati,” ungkap Rudi pria asal Pasuruan tersebut.

Selain genangan, Infrastruktur jalan dan kawasan sekitar tanggul juga perlu pembenahan. PPLS mencatat, jalur penghubung Sidoarjo – Malang itu terus mengalami penurunan. Per tahun land subsidence mencapai 3 cm. Keberadaan tanggul juga membuat wilayah perbatasan Sidoarjo itu tampak tidak tertata.

Seperti diberitakan sebelumnya, jalan Raya Porong kembali tergenang. Lokasinya di ruas sebelah timur. Panjang wilayah terendam itu sekitar 200 meter. Tepatnya setelah exit tol Sidoarjo hingga jalan Flamboyan desa Mindi, Porong. Ketinggian air berkisar 15 cm – 20 cm. KBID-NDI

Related posts

Tokoh Lintas Agama Kumpul di Rejoso, Pandita Budha: Kami Tidak Mengajarkan Kekejaman

RedaksiKBID

Dua Pria Diduga Jadi Korban Pengeroyokan di Hotel JW Mariot Surabaya

RedaksiKBID

Rampok Bobol Minimarket di Sidoarjo, Uang Puluhan Juta Digondol

RedaksiKBID