KampungBerita.id
Headline Madrasah Teranyar

Sejumlah Negara Ikuti Pameran dan Festival Kaligrafi Internasional Digelar di Jombang

Pengguntingan pita saat pembukaan festival dan pameran kaligrafi internasional di Ponpes Mamba’ul ma’arif Denanyar Jombang, Kamis (14/9/2017).

KAMPUNGBERITA.ID – Sejumlah negara mengikuti pameran dan festival kaligrafi Internasional di Ponpes Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Pameran dan festival yang digelar mulai Kamis (14/9) dan akan berakhir pada 16 September 2017 tersebut merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2017 yang sudah disiapkan oleh panitia.

Acara pembukaan kegiatan ini dihadiri Direktur IRCICA Turki Halit Eren, Ketua Asosiasi Kaligrafi Saudi Abdullah Abdul Futiny, Wakil Bupati Jombang Mundjidah Wahab, dan Ketua HSN 2017 Ahmad Atho’illah.

Secara simbolis, acara dibuka dengan pengguntingan pita oleh KH Imam Haromain, Pengasuh Ponpes Mambaul Ma’arif Denanyar yang didampingi para tamu. Selanjutnya, hadirin memasuki ruang pameran untuk melihat karya-karya kaligrafi dari berbagai Negara.

Setidaknya ada 90 -karya kaligrafi yang dipamerkan. Diantaranya berasal dari Arab Saudi, Turki, China, serta Negara ASEAN yang ikut yakni Thailand, Singapura, dan Malaysia. “Ini merupakan acara festival dan pameran kaligrafi pertama di Indonesia yang berskala internasional. Diikuti sejumlah Negara ASEAN, ada juga dari Turki, Arab Saudi, dan China,” ujar Ketua HSN 2017, Ahmad Atho’illah.

Melalui kegiatan tersebut, ia berharap karya-karya kaligrafi semakin berkembang. “Targetnya kaligrafi semakin berkembang di dunia internasional. Terlebih di Indonesia dan pesantren,” tandas pria yang akrab disapa Gus Aik tersebut.

Dalam festival dan pameran ini juga dilangsungkan lomba kaligrafi ASEAN. Selain itu, lomba kaligrafi On The Spot bertaraf nasional, dan workshop kaligrafi. ROM-KBID

Related posts

Raih 16 Kursi, PKB Masih Perkasa di Kabupaten Tuban

RedaksiKBID

Warga Sidoarjo 60 Detik Heningkan Cipta Berharap Pandemi Segera Berlalu

RedaksiKBID

Pertama Ikut Porprov, Atlet catur Tuban Raih Medali Perunggu

RedaksiKBID