KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Semangat Berbagi di Hari Raya Idul Adha, DPRD Surabaya Potong Hewan Kurban

Masduki Toha.@KBID2019

KAMPUNGBERITA.ID – Memperingati Hari Raya Idul Adha, DPRD Kota Surabaya memotong hewan kurban, Senin (12/8). Kali ini, dewan menyembelih dua ekor sapi dan beberapa ekor kambing.

Hewan-hewan kurban tersebut disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) Surabaya Pegirikan, selanjutnya daging dibawa ke Gedung DPRD Surabaya, Jl Yos Sudarso untuk kemudian didistribuasikan kepada seluruh staf DPRD Kota Surabaya dan petugas pengamanan internal.

Hadir sejumlah anggota DPRD Surabaya usai pemotongan dan pendistribusian daging kurban. Para wakil rakyat yang bakal mengakhiri masa jabatanya pada akhir bulan ini (Agustus) tersebut mengaku lega dengan rutinitas setiap perayaan Hari Raya Idul Adha dengan pemotongan hewan kurban.

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Masduki Toha mengatakan hakekat Hari Raya Idul Adha adalah berkurban.

“Tidak ada yang kekal di dunia ini. Jadi tidak ada gunanya mati-matian mempertahankan jabatan. Yang jadi anggota dewan tetap rendah hati, begitu pula kalau jadi walikota. Tapi kalau tidak jadi tetap berjuang untuk masyarakat,” ujarnya.

Masduki juga menambahkan makna Hari Raya Idul Adha adalah berbagi. Berbagi kepada sesama. Sebab, kata dia, dengan berbagi bisa menumbuhkan sikap solidaritas dan kebersamaan yang kuat.

“Kita hidup bermasyarakat harus berbagi. Kalau ada orang kaya yang tidak berkurban ya tetap dibagi” jelasnya.

Politisi PKB ini menyoroti sikap masyarakat yang enggan untuk memotong hewan kurban. Menurutnya, kesadaran untuk berkurban harus terus digaungkan kepada masyarakat. Sebab, kata dia, dengan berkurban kesenjangan ekonomi antar satu masyarakat dengan masyarakat lain bisa diperkecil

Selain itu, berkurban efektif menumbuhkan sikap seiring sejajalan, saling merasakan satu sama lain yang pada akhirnya tumbuh sikap toleransi yang tinggi antar masyarakat.

“Kalau untuk memiliki sepeda motor atau mobil diupayakan sebisa mungkin. Tapi untuk kurban mikir-mikir” ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, siapapun yang sudah merasa mampu untuk berkurban, hendaknya tidak perlu ditunda-tunda lagi.

”Ini media untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta, kalau ada kesempatan, lakukan, jangan ragu,” katanya. KBID-PAR

Related posts

Sasar Civitas Akademika di Kampus, Forkopimda Jatim Tinjau Vaksinasi di ITS dan Unesa

RedaksiKBID

Ning Ita Dorong Semangat Warga Lansia untuk Tetap Produktif

RedaksiKBID

Pimpinan Beserta Anggota DPRD Kota Surabaya Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin

RedaksiKBID