KampungBerita.id
Matraman Teranyar

Serapan Anggaran Sangat Rendah, Pemkab Blitar Diminta Tingkatkan Kinerja

Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto

KAMPUNGBERITA.ID – Serapan anggaran Kabupaten Blitar pada triwulan pertama tahun 2019 dinilai masih sangat rendah. Berdasarkan aplikasi e-Monev Blitar Kabupaten, serapan anggaran dinetahui belum mencapai 5 persen.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto menyayangkan kondisi tersebut. Menurut dia, seharusnya pada triwulan pertama penyerapan sudah mencapai 10 – 15 persen.

“Kami tentu sangat menyayangkan kondisi ini. Karena pada triwulan pertama yang sudah habis serapan kita belum sampai 5 persen,”ungkap Wito.

Dengan kondisi ini, pihaknya mendesak Pemkab Blitar untuk meningkatkan kinerjanya. Karena dikhawatirkan, nantinya anggaran tidak bisa diserap secara maksimal. Selain itu, seharusnya Pemkab juga melakukan evaluasi kinerjanya tahun lalu, sehingga perencaan mereka lebih matang dan pekerjaan tidak molor. Pihaknya memastikan akan terus berkoordinasi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengguna anggaran agar secepatnya melaksanakan program untuk penyerapan anggaran.

“Ini kan sepertinya ada OPD yang belum maksimal dalam penyerapan anggaran. Kalau serapan anggaran tidak maksimal kinerjanya juga perlu dipertanyakan maksimal atau tidak,”tegas dia.

Dikonfirmasi terpisah, kepala Badan Pengelola Kejangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Blitar Khusna Lindarti mengakui keterlambatan penyerapan anggaran ini. Dengan tegas, Khusna mengaku BPKAD telah memberi peringatan keras bahkan sanksi kepada OPD yang masih rendah menyerap anggaran.

“Kita sudah beri peringatan keras. Kalaupun masih rendah serapanya kami siap beri sanksi,” katanya. KBID-BLI

Related posts

Pokak dan Telur Rebus jadi Andalan Pemkot Surabaya Jalankan Physical Distancing

RedaksiKBID

Komisi C Dorong Pemkot Surabaya Selesaikan Pembangunan JLLB

RedaksiKBID

PKB dan PPP Terima Pengembalian Formulir Bacawali, PDIP Blitar hanya Untuk Internal Kader

RedaksiKBID