KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Tangkal Faham Radikal, Komisi A DPRD Surabaya Minta Peranan RT/RW Diperkuat

Anggota Komis A, Pratiwi Ayu Khrisna

KAMPUNGBERITA.ID – DPRD Surabaya meminta peran RT/RW diperkuat untuk menangkal penyebaran paham radikal di tengah-tengah masyarakat.Hal ini dinilai perlu dilakukan lantaran penyebaran faham yang diawali dengan pergaulan sudah tidak terkontrol di masyarakat.

Anggota Komisi A DPRD Surabaya, Pertiwi Ayu Khrisna mengatakan, dengan peranan kuat baik RT maupun RW maka penyebaran faham melalui pergaulan di lingkungan masyarakat bisa ditangkal sedini mungkin. Langkah ini, menurut Politisi Partai Golkar tersebut, perlu segera ditindaklanjuti menyusul aksi terorisme di sejumlah wilayah termasuk di Surabaya.

Selain itu, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Surabaya ini meminta agar masyarakat tidak mudah terpancing akan adanya provokasi.

Selain itu, masyarakat juga menurutnya wajib turut serta ikut berperan aktif membantu pemerintah dalam menekan ruang gerak para pelaku teror. “Termasuk Siskamling dan PAM swakarsa, kalau bisa mohon untuk diaktifkan kembali,” ujar Ayu, Sabtu (19/5).

Dia juga menyampaikan bahwa lembaga kelurahan turut memiliki peran penting dalam masyarakat. “Kami akan melakukan upaya penguatan peran aktif RT dan RW di setiap daerah di Surabaya saat kunjungan kerja, karena memiliki peran penting dalam pertahanan wilayah,” katanya.

Ayu menjelaskan, peran RT/RW ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat. Sehingga upaya pencegahan dini adanya tindakan hal itu bisa diantisipasi lebih awal.

“Peran RT/RW dengan adanya situasi ini sangat dibutuhkan. Ini upaya pencegahan dini. RT dan RW bisa memberikan informasi lebih awal kepada pihak berwenang. Apalagi sudah ada gerak gerik yang dinilai mencurigakan di tengah kehidupan masyakarat di Surabaya,” tegasnya.

Dengan adanya peran aktif RT dan RW, bisa memberikan dampak positif yang baik kepada masyarakat di wilayah tersebut.

“Sebab kerukunan masyarakat RT RW, sudah tercipta situasi aman dan kondusif di wilayah tersebut,” ujar Ayu. KBID-NAK

Related posts

Pansus Dorong BUMD Pemkot Surabaya Mati Suri Kelola Reklame

RedaksiKBID

Gelar Seminar Internasional, BEM Unusida Ajak Mahasiswa Bersaing dalam Ekonomi Global

RedaksiKBID

APBD Surabaya 2022 Rp 10,3 T Disahkan Bertepatan Hari Pahlawan, Ketua DPRD: Ini Kado buat Seluruh Masyarakat Surabaya

RedaksiKBID