KampungBerita.id
Kampung Raya Lakone Surabaya Teranyar

Tiga Nama Berpeluang Duduki Kursi Sekda Surabaya, Reni Astuti Berharap Seleksi Berjalan Objektif dan Transparan

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti menyebut ada tiga nama yang berpeluang menduduki kursi Sekda Kota Surabaya.

Seleksi pengisian jabatan itu dibuka sejak 2-6 Januari 2023.

“Saya belum cek. Tapi melihat seleksi persyaratan harus mengikuti tim tingkat dua, kemudian jadi OPD minimal setahun. Jadi ada tiga orang yang berpeluang, yakni Pak Ikhsan (Kepala Inspektorat), Basari (Kepala BKD), Lilik (Kepala (DSDABM),” kata Reni kepada wartawan seperti dilansir detikJatim, Jumat (6/1/2023).

Meski demikian, tak menutup kemungkinan ada pendaftar dari luar Kota Surabaya. Karena pada kualifikasi tidak diwajibkan harus ASN dari Surabaya.

Reni berharap seleksi berjalan objektif dan transparan, karena sekda adalah jabatan tertinggi di birokrasi. Nantinya yang terpilih menjadi Sekda Kota Surabaya diharapkan memiliki kemampuan problem solving, memiliki karakter mengayomi, bisa memimpin perangkat daerah yang ada untuk mencapai visi Surabaya.

“Saya berharap, sekda yang definitif nanti bisa membangun budaya happy produktif.
Budaya happy produktif itu adalah yang menghasilkan, menjalankan kebijakan yang itu melayani masyarakat Surabaya baik pembangunan fisik non fisik, SDM, pengentasan kemiskinan dan sebagainya. Tapi, lingkungannya happy, yang bikin pegawai itu sehat gak sakit-sakit, tak terlalu kena beban kerja, gak stres, tapi produktif. Untuk sekda yang terpilih bisa definitif,”ungkap politisi senior PKS ini.

Namun, melihat tahun 2023 terdapat peningkatan daya saing SDM dan pemenuhan kebutuhan sosial berkelanjutan. Menurut Reni, masalah infrastruktur juga masih tetap berjalan, seperti terkait penanganan banjir, kemacetan, pengentasan kemiskinan.

Selain itu, dia juga menyarankan kepada panitia seleksi untuk bisa benar-benar memastikan sekda yang terpilih nanti memiliki kualitas terbaik. Sebab di dalam seleksi juga terdapat kualifikasi.

“Saya menyarankan pansel, di dalam kualifikasi ada terkait kinerja yang baik, minoritas dan sebagainya. Untuk mengetahui itu ada rekam jejak yang bagus.
Kami sarankan untuk melakukan 360 degree feedback ini untuk mengukur kinerja seseorang dengan menggunakan berbagai sumber,” pungkas dia. KBID-DTJ/BE

Related posts

Pilkada Sidoarjo 2020 Di-launching, Kapolres Siap Beri Pengamanan Maksimal

RedaksiKBID

RSUD Koesma Gelar Bazar Pokja Demi Akreditasi Paripurna

KBIDTuban

38 Guru Praktik Bojonegoro Sukseskan Kurikulum Merdeka

RedaksiKBID