KampungBerita.id
Madrasah Teranyar

Umsida Sambut Kedatangan 52 Mahasiswa PNM-DM dari Seluruh Indonesia

Mahsiswa Umsida
52 Mahasiswa PNM-DM bakal mengikuti pendidikan di Umsida selama satu semerter ke depan.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) gelar acara penyambutan puluhan mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM-DM) 2021, Kamis (25/11/2021).

Puluhan mahasiswa itu, datang dari berbagai perguruan tinggi (PT) negeri maupun swasta, seluruh nusantara, dan totalnya ada 52 anak. Para rombongan mahasiswa ini nantinya, akan mengikuti program pendidikan di Umsida, selama satu semester kedepan.

Direktur Direktorat Akademika Umsida, Evi Rinata mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan serangkaian dari delapan flagship dalam program kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristek) RI.

“Rombongan mahasiswa yang datang, sifatnya bentuk kegiatan pembelajaran (BKP). Jadi mereka nanti akan mengikuti perkuliahan bersama mahasiswa Umsida, menyebar di 22 program studi di semua fakultas di sini,” katanya, Kamis (25/11/2021).

Rombongan mahasiswa tersebut, datang dari berbagai program studi (prodi), lanjut Evi. Dan di Umsida, mereka akan diberikan keleluasaan memperkaya ilmu kompetensi diluar prodi yang sebelemnya diampu di kampusnya masing-masing.

“Hal ini sejalan dengan semangat, dan spirit program ini, untuk memperkaya ilmu dari prodi atau jurusan yang berbeda di sini,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam program PMM-DM ini, Umsida selain kini telah menerima para rombongan mahasiswa, juga mengirimkan sebanyak 56 mahasiswanya, ke sejumlah kampus di luar wilayah Jawa.

Evi mengungkapkan, jika pihaknya mengirimkan 56 mahasiswa untuk melakukan perkuliah di luar Jawa.

Dengan adanya kegiatan semacam ini, imbuh Evi, diharapkan dapat membentuk, dan memfasilitai interakrisi kebihnekaan antar mahasiswa.

“Kegiatan ini sebagai penjembatan, wawasan kebangsaan, integritas, solitidaritas, serta kebihnekaan,” tuturnya.

Oleh itu, kata Evi, selain para rombongan mahasiswa yang datang ke Umsida ini, bisa mengampu pendidikan juga akan diberikan kegiatan lain, di luar jam aktif perkuliahan.

“Di akhir pekan, rombongan mahasiswa
akan didampingi modul dosen nusantara (MDN) dan mahasiswa pendamping. Akan dibagi tiga kelompok di kegiatan ini, untuk mengenal lingkungan sekitar di Sidoarjo ini,” katanya.

“Kegiatannya itu sepetti, kegiatan inspirasi, dan refleksi. Mempelajari budaya, dari para tokoh di Sidoarjo,” pungkasnya.

Sebagai dosen dan mahasiswa pendamping dalam kegiatan ini adalah, Dosen Modul Nusantara (DMN) ada Joko Susilo, dari Prodi Manajemen Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial, lalu ada, Niko Fediyanto dar Prodi Manajemen Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial, dan Muhammad Junaedi / Prodi Manajemen Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial.

Sedangkan, mahasiswa pendamping atau mentor ada, Nurul Octavia dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, lalu Gradient Alvario dari Prodi Akuntansi, dan Dwi Lailul Ilhami Prodi Manajemen.KBID-TUR

Related posts

Tak Kirim Kontingen di HUT Tiga Elemen Penjaga Ketertiban, Satpol PP Surabaya Beralasan Fokus Layanan 112

RedaksiKBID

Tepat di Hari Pahlawan, DPRD Surabaya Sahkan APBD 2020 Rp 10,3 Triliun

RedaksiKBID

Desa Tertinggal Nihil, Wabup Mojokerto Apresiasi BPD

RedaksiKBID