KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Sidak Pelanggan Industri di Kawasan SIER, Direksi PDAM Temukan Banyak Meteram Bermasalah

Petugas PDAM menemukan meteran air bemasalah saat sidak di SIER

KAMPUNGBERITA.ID – Dalam rangka melakukan pembenahan untuk memuaskan pelayanan kepada para pelanggannya, hari ini Senin (2/4/2018), seluruh jajaran Direksi dan Manajemen PDAM Surya Sembada turun langsung ke lapangan untuk mengecek meter air di kawasan industri, dengan lokasi kawasan Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Direktur Utama PDAM Surya Sembada Mujiaman menjelaskan, bahwa Pengecekan semacam ini sudah kali kedua yang dilakukan manajemen, sebelumnya pengecekan meter air untuk pelanggan rumah tangga dilakukan pada Kamis (29/3).

Menurut Mujiaman, langkah ini sangat penting karena untuk memastikan semua meter air para pelanggan terbaca dengan baik dan akurat. Yang paling penting juga, pengecekan ini untuk melihat dan mengerti masalah yang ada di lapangan, sehingga bisa mencari jalan keluar dalam jangka panjang.

Sesaat setelah melakukan pengecekan meteran di kawasan Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), Agus Subagyo Humas PDAM Suraya Sembada mengatakan bahwa dipilihnya wilayah Rungkut Industri sebagai sampling untuk pengecekan meteran air, karena banyak pelanggan yang memiliki tempat usaha, dan lokasinya mudah dijangkau.

“Namun ini bukan satu-satunya lokasi, karena masih banyak lokasi lain yang potensialnya sama, dan akan tetap dilakukan pengecekan, dan kenapa kawasan industri di rungkut ini menjadi sampling awal, karena menurut kami seharusnya pemakaiannya lebih banyak, namun data yang masuk di kami kok tidak (pemakaiannya sedikit), oleh karenanya kam memutuskan untuk dilakukan pengecekan meteran,” ucapnya, Senin (2/4).

Namun Agus Subagyo juga mengakui jika akurasi data yang didapat bisa saja mengalami kesalahan karena beberapa faktor. “Salah satunya, jika petugas pengecekan mengalami kesulitan saat pengecekan meteran karena harus ijin ke ini dan itu, sehingga petugas tidak bisa melakukan secara obyektif, dan data sebelumnya dijadikan acuan, ini yang harus mendapatkan penanganan khusus,” akunya.

Menurut dia, pelanggan premium seperti di kawasan industri memang tidak bisa disamakan dengan pelanggan rumah tangga. “Itulah tujuan pengecekan meteran saat ini, namun tetap harus obyektif, demikian juga jika ternyata ada indikasi pelanggaran, itu juga harus didukung dengan bukti,” terangnya.

Estimasi ketimpangan data di kawasan industri, bahwa pemakaian airnya lebih banyak dari lokasi lain
ternyata juga terbantahkan, karena tak sedikit ruko yang ternyata kondisinya masih kosong, sehingga
pemakaian airnya masih sedikit bahkan masih dalam angka nol.

“Hasil sidak kami, mendapatkan data bahwa beberapa ruko yang pemakaiannya rendah bahkan nol, itu ternyata memang lokasi usahanya belum digunakan, ini fakta dilapangan harus kami catat, sehingga prediksi dilapangan itu tidak salah,” katanya. KBID-PDA

Related posts

Pendam V/Brawijaya Salurkan Bantuan Makanan dan Minuman untuk Anak Stunting

RedaksiKBID

Mangkir Dipreiksa Kejari terkait Dana Desa, Kades Kemantren Masuk DPO

RedaksiKBID

Halal Bi Halal, Pimpinan DPRD Surabaya Minta Perkuat Tali Silaturahim 

RedaksiKBID