KampungBerita.id
Kampung Raya Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

Daftar ke KPU, Bacaleg PKS Surabaya Konvoi Naik Becak

Para Bacaleg PKS Kota Surabaya konvoi naik becak saat menyerahkan dokumen ke KPU.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-DPD PKS Kota Surabaya mendaftarkan 50 bacalegnya ke KPU Kota Surabaya, Jum’at (12/5/2023). Pendaftaran dilakukan dalam momen Jum’at berkah.

Dimulai pukul 14.00 dari kantor DPD, rombongan PKS Kota Surabaya menuju ke Kantor KPU Kota Surabaya di Jalan Adityawarman 87. Yang unik, jajaran pengurus BPH (Badan Pengurus Harian) ditemani para bacaleg PKS Kota Surabaya naik becak secara konvoi.

Tampak hadir dalam rombongan, Ketua DPD PKS Kota Surabaya, Johari Mustawan, Sekretaris DPD PKS Kota Surabaya, Cahyo Siswo Utomo, Bendahara DPD PKS Kota Surabaya, Arif Fahrudin, dan beberapa bacaleg PKS Kota Surabaya, termasuk bacaleg milenial.

Ketua DPD PKS Kota Surabaya, Johari Mustawan mengatakan, pendaftaran bacaleg dilakukan hari ini karena bertepatan dengan hari Jum’at.
“Hari Jum’at salah satu hari yang mulia di antara sepekan, Insya Allah ada nilai keberkahan di hari Jum’at,” ujar Bang Jo, sapaan akrab Johari Mustawan.

“Ini sekaligus memberi pesan bahwa para caleg PKS Kota Surabaya jika terpilih kelak, akan berjuang untuk melayani dan membela rakyat mencari keberkahan dan ridho Allah SWT, sesuai tagline PKS yaitu #PKSPembelaRakyat,” tegas Johari.

Dengan sisa waktu 275 hari menjelang Pemilu 2024, PKS mendaftarkan bacaleg sesuai kuota yang ditetapkan di lima daerah pemilihan (dapil) di Surabaya. Total, PKS mendaftarkan 50 bacaleg yang siap bertarung di pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Alhamdulillah PKS Kota Surabaya mendaftarkan bacaleg dengan formasi lengkap per dapilnya. Total ada 50 bacaleg yang kami daftarkan,”jelas Bang Jo.

Para bacaleg PKS Kota Surabaya di kantor KPU.@KBID-2023.

PKS yakin dengan semangat dan dedikasi yang tinggi dari 50 bacaleg, dapat meraih kemenangan dan memperoleh 20 persen kursi di DPRD Kota Surabaya.

“Insya Allah 20 persen atau setara 10 kursi di DPRD Surabaya bisa diraih PKS. Jika target ini terwujud, PKS akan semakin diperhitungkan untuk mengantarkan kader sendiri ikut kontestasi Pilwali Surabaya,”ucap bang Jo penuh semangat.

Ditanya soal alasan yang menjadi dasar PKS yakin bisa merebut 10 kursi, Bang Jo menyatakan jika PKS memiliki struktur yang solid hingga tingkat ranting.Bahkan, PKS memiliki PAC-PAC sampai tingkat RT/RW di sejumlah titik. “Ini yang membuat kita optimistis, apapun sistem pemilunya. Insya Allah PKS siap untuk 10 kursi di Surabaya,” tandas dia

Selain itu, komposisi bacaleg PKS Kota Surabaya juga cukup pas, mewakili semua elemen warga Surabaya, “Ada pengusaha, akademisi, politisi muda, caleg milenial dan gen-Z yang berusia 21-40 tahun,” jelas dia.

Bang Jo menambahkan, 50 bacaleg PKS terdiri dari 32 laki-laki dan 18 perempuan. Artinya, ada 36 persen keterwakilan perempuan dalam komposisi bacaleg PKS Kota Surabaya.

Sementara dari lima kader PKS yang duduk di DPRD Kota Surabaya, hanya dua yang dicalonkan lagi di Surabaya. Yang lain tetap mencalonkan, tapi untuk DPRD Provinsi dan DPR RI.

Terakhir, Johari berharap penyelenggaraan pemilu 2024 berlaku jujur, adil dan transparan, “Kami berharap para penyelenggara pemilu, KPU, mulai dari kota hingga kelurahan dan perangkat pemerintah daerah dalam menyelenggarakan pemilu secara jujur, adil dan transparan,”pungkas Bang Jo.

Hal senada diungkapkan Sekretaris DPD PKS Kota Surabaya, Cahyo Siswo Utomo. Menurut dia, partainya telah menyerahkan dokumen 50 bacaleg ke KPU Surabaya.

“Ini adalah langkah awal perjuangan kami bersama-sama melayani masyarakat Surabaya dan membangun kota Surabaya, “ujar dia.

Sementara terkait kelalaian KPU yang sempat tidak mencantumkan gambar (lambang partai) PKS dan PKB dalam flyer atau brosur untuk sosialisasi ke masyarakat, Cahyo mengaku, jika partainya sudah berkomunikasi dengan KPU dan menerima penyelesaian dari penyelenggara pemilu tersebut.

Hanya saja, menurut Cahyo yang juga anggota Komisi D DPRD Kota Surabaya, ada beberapa catatan yang diharapkan dikerjakan oleh KPU, yakni menarik semua brosur yang telah tersebar dan memusnahkannya.

“KPU juga telah menyatakan kepada pers kesalahan yang telah dilakukannya. Saat ini brosurnya sudah diperbaiki dan yang lama akan dimusnahkan. Jumat (12/5/2023) kami diundang pemusnahan brosur yang salah. Jadi kami sangat mengapresiasi langkah KPU setelah mendengarkan laporan warga, “ungkap dia. KBID-BE

Related posts

Cari Uang Tambangan untuk Lebaran, Warga Krian Jual Pil Koplo

RedaksiKBID

Beraksi di Puluhan Lokasi, Empat Kawanan Curanmor Ditangkap Polresta Sidoarjo

RedaksiKBID

Sosialisasi Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu, KPU Lumajang Gelar Bimtek

RedaksiKBID