KampungBerita.id
Politik & Pilkada Teranyar

Disebut Penasihat GP Ansor, Muhibbin Persilakan Ery Cahyadi Maju Pilwali Surabaya

Ketua PCNU Surabaya, Muhibbin Zuhri.@KBID2017

KAMPUNGBERITA.ID – PCNU Surabaya menaruh perhatian jelang pemilihan wali Kota Surabaya tahun 2020 mendatang. Karena di Surabaya juga dianggap dihuni oleh mayoritas warga Nahdliyin sebutan pengikut NU.

PCNU Surabaya berharap pemimpin yang terpilih nantinya adalah sosok yang berkualitas. Selain itu juga bisa membawa kemaslahatan bagi warga Surabaya.

Ketua PCNU Surabaya Muhibbin Zuhri berharap wakil dari partai politik yang maju di pilwali nanti adalah kader terbaik. “Partai politik sebagai pilar dari demokrasi memiliki fungsi kaderisasi untuk menghadirkan pemimpin yang berkualitas,” ujarnya.

Ditanya tentang sosok ideal apakah asli Surabaya atau bukan Muhibbin membebaskan. Bagi dia asli Surabaya juga belum tentu bisa mengerti tentang kondisi sosial dan geografi di Surabaya. “Tidak ada jaminan,” bebernya.

Namun, jika yang maju nanti adalah asli Surabaya menurut Muhibbin memiliki nilai plus tersendiri juga. “Mungkin kalau orang asli Surabaya lebih mudah menyelami,” lanjutnya.

Kepada warga Surabaya, Muhibbin juga berharap agar mengerti jejak rekam calon yang maju nanti. Dan tidak mudah tergoda dengan hal-hal yang berbau pragmatisme saat tiba waktunya pemilihan.

Sejauh ini jelas Muhibbin hubungan antara PCNU Surabaya dan Pemkot Surabaya sudah baik. Termasuk hubungan dia secara personal dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. “Hubungan sinergitas antara ulama dan umaro. Dan berharap bisa dilanjutkan nanti,” jelasnya.

Meskipun baik PCNU tetap akan bersikap proposional kata dia. Jika dirasa ada yang kurang maka kritik akan tetap disampaikan. “Kita tetap tidak boleh menutup mata,” tegasnya.

Disinggung mengenai statement soal dukungan yang pernah dilontarkan kepada Ery Cahyadi, Muhibbin menyatakan pernyataan itu bersifat pribadi. Dan bukan mewakili lembaga PCNU.

“Waktu itu pak Ery mewakili Pemkot Surabaya karena bu Risma berhalangan hadir di acara malam Lailatul Qodar. Saya kenal pak Ery. Orangnya baik,” kata pria yang biasa disapa Gus Muhibbin ini.

Jika memang Ery ingin maju dalam Pilwali Surabaya, Muhibbin mengaku tidak bisa melarangnya. “Silahkan kalau memang mau maju ke pilwali mendatang. Sayabtahu batasan dan fungsi kami,” lanjutnya.

Ery disebut oleh Muhibbin adalah kader NU. Dan tercatat sebagai Penasihat GP Ansor Surabaya. “Sudah sekitar tiga tahun ini masuk struktural pengurus. Saya juga kenal keluarga besar dari pak Ery yang memang warga Nahdliyin,” imbuhnya. KBID-DJI

Related posts

300 Warga Kota Mojokerto Ikuti Tujuh Jenis Pelatihan Kerja

RedaksiKBID

Jaring Pemuda-pemudi Nahdliyin, Pimpinan Ranting IPNU dan IPPNU Kecamatan Krembangan Gelar Makesta Raya

RedaksiKBID

DPRD Surabaya Sarankan Pemkot tidak Naikan Tarif Parkir Zona Khusus

RedaksiKBID