KampungBerita.id
Headline Kampung Raya Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

Diteken Megawati, PDI-P Surabaya Long March Daftarkan 50 Bacaleg ke KPU, Kampanyekan “Ganjar Presiden”

 

Ketua DPC PDI-P Surabaya, Adi Sutarwijono bersama sekretaris Baktiono dan jajaran pengurus melakukan long march untuk pendaftaran bacaleg di KPU Surabaya.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-PDI-P Kota Surabaya mendaftarkan 50 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD Surabaya ke KPUD setempat, Kamis (11/5/2023). Pendaftaran bacaleg itu mengusung tema “Gelora Kebangsaan Indonesia: Berkepribadian dalam Kebudayaan”.

Beragam atraksi seni budaya mengiringi pendaftaran bacaleg PDI-P Surabaya, yang diberangkatkan dari kantor DPC PDI-P Surabaya jalan kaki atau long march menuju kantor KPU di Jalan Adityawarman 87.

Sepanjang jalan diwarnai pawai budaya diikuti rombongan kader banteng yang mengular. Disertai kibaran bendera merah putih dan bendera PDI-P banteng moncong putih nomor 3, perjalanan kaki itu semakin meriah. Menjadi tontonan bagi warga masyarakat.

Seni budaya yang ditampilkan mulai hadrah hingga kesenian reog menyemarakkan pendaftaran bacaleg PDI-P Surabaya. Juga parade pakaian adat dari berbagai daerah di nusantara juga turut menyemarakkan.

Kesenian Jaranan dan Reog Ponorogo mengiringi pendaftaran Bacaleg PDI-P Surabaya ke KPU.@KBID-2023.

Ribuan orang ikut mengiringi, mulai dari para pengurus PDI-P di Kota Surabaya, level kecamatan, kelurahan, sampai akar rumput. Juga rombongan anak-anak muda, kaum milenial. Long march dipimpin langsung oleh Ketua DPC PDI-P Kota Surabaya, Adi Sutarwijono dan Sekretaris DPC Baktiono.

Sebelum memulai perjalanan, rombongan diberangkatkan dengan doa yang dipimpin tokoh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Ada juga Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), organ sayap PDI-P.

Sepanjang perjalanan dari kantor PDI-P Surabaya menuju KPU, warga memberikan sambutan yang antusias. Banyak warga masyarakat mengabadikan momen tersebut lewat kamera ponselnya masing-masing. Tak sedikit yang menghentikan aktivitasnya untuk melihat beragam kreasi seni yang ditampilkan. Warga juga melambaikan tangan ke rombongan PDI-P.

Salam metal dengan mengacungkan tiga jari, mewarnai perjalanan. Meriah dan ramai. Kader-kader PDI-P Surabaya mendapat semangat dari warga masyarakat. Juga teriakan “Ganjar Presiden” bersahut-sahutan.

“Semangat, semangat, sukses ya,” teriak warga sambil mengacungkan salam metal tiga jari.

Ketua DPC PDI-P Kota Surabaya, Adi Sutarwijono mengatakan, tema kreasi seni budaya menunjukkan bagaimana komitmen PDI-P dalam menggelorakan kesadaran budaya sebagai pembentuk kepribadian bangsa.

“Dengan wajah kebudayaan, kita bisa menggali nurani yang jernih, melihat masyarakat dengan mata batin yang bening, untuk kemudian selalu menempatkan kepentingan publik di atas segalanya,” ujar Adi, yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya.

Sebanyak 50 bacaleg didaftarkan, alias sesuai dengan jumlah kursi DPRD Kota Surabaya. Adi mengatakan, para bacaleg PDI-P berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari pengurus partai, kader, aktivis NU, aktivis Muhammadiyah, tokoh-tokoh kampung, hingga tokoh perempuan. Secara usia, para bacaleg PDI-P juga beragam, menunjukkan keterpaduan antara tokoh muda dan tokoh senior.

“Kami juga memastikan 30 persen kuota perempuan terpenuhi, sebagai bentuk komitmen PDI-P dalam memberikan ruang bagi kaum perempuan untuk berkiprah di ranah publik,” papar Adi.

Rombongan PDI-P Surabaya yang dikomandani Adi Sutarwijono diterima Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi.@KBID-2023.

Dia optimistis perolehan kursi PDI-P di DPRD Surabaya bakal meningkat, dari posisi saat ini 15 kursi hasil Pemilu 2019.

“Dengan konsistensi kerja kerakyatan, kami optimistis bisa menang spektakuler di Surabaya, baik untuk Pemilu Legislatif (Pileg) maupun Pemilu Presiden (Pilpres). Menang Pemilu, tambah kursi di parlemen dan Mas Ganjar Pranowo terpilih Presiden RI ke-8, meneruskan Presiden Jokowi,” ujar Adi.

Sampai di tujuan, kader-kader banteng diterima Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi, Komisioner Soeprayitno dan Agus Turcham.Juga Ketua Bawaslu Kota Surabaya Agil Akbar, Usman dan Novly Theysen. KBID-BE

Related posts

PMII Sidoarjo Berharap Masyarakat Percaya Netralitas KPU dan Bawaslu

RedaksiKBID

Pj Adriyanto Meninjau Sejumlah Rumah Rawan Longsor Bantaran Sungai Bengawan Solo

DJUPRIANTO

Tak Ada Gunung Meletus di Surabaya, Warga Rungkut Kidul Dihujani Debu Limbah Pabrik

RedaksiKBID