KampungBerita.id
Headline Kampung Raya Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

DPRD Surabaya:Ciptakan Suasana Pemilu 2024 dengan Riang Gembira

 

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, AH Thony. @KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-DPRD Kota Surabaya menyambut positif langkah Pemkot Surabaya bersama jajaran Forkopimda Kota Surabaya dan seluruh partai peserta Pemilu 2024 menggelar deklarasi damai di Graha Sawunggaling, Rabu (18/10/2023).

Hal ini disampikan Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, AH Thony. Menurut dia, ini memang sudah menjadi komitmen dan keinginan bersama untuk menciptakan suasana Pemilu 2024 dengan riang gembira dan damai.

Hanya saja, kata AH Thony, untuk pelaksanaannya memang harus diawali dengan pemahaman semua pihak.

“Karena pemilu ini kan tidak hanya melibatkan satu atau dua kekuatan saja, tapi melibatkan semua. Baik itu partai politik (parpol) maupun masyarakat luas, ” kata politisi Partai Gerindra ini.

Dengan adanya deklarasi damai ini, beber Thony, yang harus dilakukan oleh para deklarator adakah cinta mensosialisasikan kepada semua jajaran di bawahnya. Termasuk bagaimana mengamankan kegiatannya. Barangkali di dalam tahapan menuju pesta demokrasi itu ada kejadian-kejadian atau ada pihak-pihak yang bisa diindikasikan ingin menghancurkan proses pemilu ke depan.

“Yang tak kalah penting adalah para penyelenggara pemilu, baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bisa memposisikan diri secara profesional. Ini dalam rangka ke depan pemilu yang berintegritas dan berkualitas itu bisa kita capai bersama, “ungkap AH Thony.

Keinginan dari Wali Kota Eri Cahyadi yang ingin menciptakan pemilu damai dan mengantisipasi terjadinya gesekan-gesekan atau gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) ini memang patut didukung. Mengingat Surabaya yang menjadi barometer perpolitikan nasional saat ini kondisinya cukup kondusif.

“Saya pikir semua pihak punya kewajiban untuk itu (menjaga kamtibmas), ” tegas dia.

Yang jelas, lanjut AH Thony, semua pihak sudah support, apakah itu berkaitan dengan pembiayaannya maupun perangkat-perangkat lain dalam rangka pengamanan. Bahkan, Kapolresta Kota Surabaya sudah menyampaikan siap untuk memback up itu.

“Ya, kami senang karena tidak hanya institusi pemerintah, tapi tokoh masyarakat, tokoh agama dan ketua-ketua parpol siap menjaga agar pemilu berlangsung aman, lancar dan damai, ” imbuh dia.

AH Thony menambahkan, jajaran Forkopimda Surabaya dan jajaran birokrasi harus ikut menjaga peran menuju itu (pemilu damai).

Kepada parpol peserta pemilu, AH Thony juga meminta agar bisa menyampaikan program-program kampanyenya itu dengan cara yang baik dan mengedukasi masyarakat.

“Sehingga proses dari pemilu ke pemilu itu kita bisa menginformasikan kemajuan-kemajuan yang sudah kita capai. Kemudian juga menawarkan opsi-opsi penyelesaian masalah terhadap tantangan yang kita hadapi ke depan, ” pungkas dia.

Sebelumnya, Wali Kota Eri Cahyadi berharap adanya deklarasi ini, maka proses pemilu di Surabaya bisa berjalan damai. Selain itu, juga semakin banyak warga Surabaya yang menggunakan hak pilihnya dengan datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

“Berbeda pilihan itu biasa, tapi tetap harus menjaga kedamaian.Jangan sampai menimbulkan sebuah permasalahan” tegas dia.

Eri Cahyadi juga tak henti-hentinya meminta kepada seluruh parpol peserta Pemilu 2024 untuk terus melakukan sosialisasi dan menyampaikan pemilu damai di Surabaya.

Kapolrestabes Kota Surabaya , Kombes Pol Pasma Royce menyatakan jika Polri telah menentukan pengamanan pemilu dengan sandi Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024 yang dimulai sejak Kamis (29/10/2023), seiring dibukanya pendaftaran capres dan cawapres. KBID-BE

Related posts

Gubernur Buka Lomba Burung Berkicau Pakde Karwo Cup VIII Tingkat Nasional

RedaksiKBID

Kasrem 082/CPYJ Sosialisasikan Bidang Perlawanan Wilayah

RedaksiKBID

RSJ Menur Siap Terima Caleg Depresi, Baktiono: Potensi di Surabaya Kecil karena Warga Dapat Pendidikan Politik yang Rasional

Baud Efendi