KampungBerita.id
Kampung Raya Nasional Surabaya Teranyar

Ijazah Kubro Pagar Nusa, akan Dihadiri Kiai-Kiai Sepuh hingga Presiden Joko Widodo

Ketua Umum PP Pagar Nusa M Nabil Haroen bersama Ketua Panitia Ijazah Kubro dan Pelantikan PP Pagar Nusa Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Pelaksanaan Ijazah Kubro yang diselenggarakan Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama bertepatan dengan momentum Hari Santri Nasional 2023, akan menjadi agenda kolosal dan monumental.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa, M. Nabil Haroen menjelaskan, bahwa agenda Ijazah Kubro ini merupakan agenda penting bagi pendekar, kader Pagar Nusa dan warga nahdliyyin.

“Agenda Ijazah Kubro Pimpinan Pusat Pagar Nusa ini merupakan agenda lima tahun sekali. Kami selenggarakan sebelumnya di Cirebon pada 2018 lalu, dan pada 2023 ini di Surabaya. Agenda Ijazah Kubro ini juga akan dirangkai dengan Pengukuhan Pimpinan Pusat pagar Nusa. Jadi ini agenda yang sangat sakral, dihadiri oleh puluhan kiai-kiai sepuh, Presiden Joko Widodo dan jajaran Menteri, serta Ketua Umum PBNU dan jajarannya,” ungkap Nabil Haroen didampingi Ketua Panitia Ijazah Kubro dan Pelantikan Pimpinan Pusat Pagar Nusa Letjen TNI (Purn.) Ganip Warsito, pada konferensi pers di Foodies Gallery, Surabaya, Kamis (19/10/2023).

Menurut Nabil Haroen, rencana Ijazah Kubro akan dilaksanakan di Lapangan Bumi Moro, Surabaya dan akan dihadiri sekitar 25 ribu pendekar, kader Pagar Nusa dan warga nahdliyyin.

“Ini agenda besar yang menjadi momentum untuk ngalap berkah dari para kiai. Tim Pagar Nusa sudah bersilaturahmi ke para kiai sepuh untuk meminta doa, naskah ijazah, hingga air asma’ yang didoakan untuk kemudian diberikan kepada peserta ijazah. Sebulan terakhir, tim Pagar Nusa sudah berkeliling dari Banten hingga Jawa Timur, untuk sowan kepada para kiai sepuh,” kata Nabil Haroen, yang lama nyantri di pesantren Lirboyo, Kediri.

Menurut dia, ada puluhan kiai sepuh yang memberikan doa dan ijazah. Di antaranya KH. Mustofa Bisri (Rembang), Kiai Miftahul Achyar (Rais ‘Aam PBNU), KH. Said Aqil Siroj (Jakarta), Kiai Anwar Mansur (Lirboyo, Kediri), KH. Nurul Huda Jazuli (Ploso, Kediri), Habib Luthfi bin Yahya (Pekalongan), KH. Yahya C Staquf (Ketua Umum PBNU).

Selain itu, KH. Agoes Ali Masyhuri (Pondok Pesantren Bumi Sholawat, Tulangan, Sidoarjo), KH. Abdullah Kafabihi Mahrus (Pondok Pesantren Lirboyo, Mojoroto, Kediri), KH. Muhtadi Dimyati (Pondok Pesantren Roudlotul Ulum, Cidahu, Pandeglang), KH. Raden Kholil As’ad Syamsul Arifin (Pondok Pesantren Wali Songo, Panji, Situbondo), KH. Achmad Muzakki Syah (Pondok Pesantren Al Qodiri, Gebang, Patrang, Jember), H. Badrul Huda Zainal Abidin, (Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri), serta beberapa kiai lain.

Nabil Haroen menjelaskan, bahwa agenda Ijazah Kubro ini juga menjadi rangkaian penting dari perayaan Hari Santri Nasional yang diselenggarakan oleh PBNU.

“Jadi, ada rangkaian Kirab Hari Santri dari Banten hingga Surabaya, upacara hari santri, beberapa lomba, gebyar salawat dan beberapa agenda lainnya,” terang Nabil Haroen, yang juga Wakil Ketua Hari Santri PBNU 2023 ini.

Sementara Ketua Panitia Ijazah Kubro dan Pelantikan Pimpinan Pusat Pagar Nusa, Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito menyampaikan pihaknya sudah berkoordinasi dengan lintas pihak untuk persiapan Ijazah Kubro ini.

“Kami sudah berkoordinasi dengan para pihak untuk persiapan teknis agenda ini, mulai dari koordinasi dengan Paspampres untuk kehadiran Presiden RI dan jajaran, juga beberapa untuk persiapan teknis dan pengamanan. Kami juga berkoordinasi intensif dengan tim PBNU agar semua persiapan menjadi sinkron dengan arahan Ketua Umum PBNU, KH. Yahya Cholil Staquf,” kata Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito.

Lebih lanjut, dia mengajak semua pihak untuk mensukseskan rangkaian agenda Hari Santri Nasional 2023 ini, Ijazah Kubro, dan Pelantikan Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama. KBID-BE

Related posts

Rizal Ramli: Kita Akan Pertahankan Jakarta sebagai Ibu Kota Negara

RedaksiKBID

Pemilu 2024 Berjalan Aman, Pj. Bupati Bojonegoro Apresiasi Kinerja TNI dan POLRI

DJUPRIANTO

Temu Kangen Alumni SMPN 1 Turen Meriah, Pementasan Opera Jadi Momen Mengenang Masa SMP

Baud Efendi