KampungBerita.id
Kampung Raya Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

Hari Ini, KPU Surabaya Agendakan Rekapitulasi Suara Tingkat Kota 

KAMPUNGBERITA.ID-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menjadwalkan rekapitulasi berjenjang tingkat kota dimulai Rabu (28/2/2024) pagi.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Surabaya, Suprayitno menjelaskan, sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2024, jadwal rekapitulasi tingkat kota mulai 17 Februari sampai dengan 5 Maret 2024.

“Jadi, rapat pleno terbuka rekapitulasi suara perolehan suara di KPU Surabaya kami agendakan 28 Februari 2024 pukul 09.00 WIB di lantai tiga,” kata dia seperti dilansir darimu untukku suarasurabaya, Selasa (27/2/2024).

Menurut dia, ada tiga kecamatan yang terkonfirmasi akan menyetorkan hasil rekapitulasinya ke KPU Surabaya hari ini.

“Pakal, Lakarsantri, dan Benowo. Kami tunggu sampai malam apakah mereka jadi mengirim apa tidak, mengingat komunikasi dengan Panwascam, saksi lintas partai dan saksi paslon itu harus dipastikan benar-benar klir di tingkat kecamatan. Sehingga rekap tingkat kota itu soft. Artinya tidak ada lagi potensi tingkat kecamatan dibawa naik ke tingkat kota. Ini pun menjadi perhatian kepolisian agar nantinya rekap kota adem suasananya, karena sudah gladi bersih, dan memastikan tidak ada potensi kericuhan saat rekap kota,” ungkap dia.

Mekanismenya, menurut Nano, panggilan Suprayitno, yakni mendahulukan rekapitulasi satu kecamatan baru menyusulkan kecamatan lain. Bagi kecamatan yang belum selesai diberi waktu terakhir 2 Maret 2024.“Batasan rekap kota sampai maksimal 5 Maret. PPK sampai 2 Maret,”tandas dia.

Pelaksanaan rekapitulasi tingkat kota, lanjut Nano berlangsung terbuka, dengan disiarkan secara langsung.

Pedoman teknis rekap itu dibunyikan bahwa KPU kabupaten/ kota harus menyediakan layanan live streaming melalui akun sosmed masing-masing. “Karena itu, publik Surabaya tidak harus datang di website berbondong-bondong ke Kantor KPU Surabaya, karena bisa memunculkan potensi yang tidak ada lagi diinginkan.Alangkah baiknya dan bijaknya bisa menyimak di HP masing-masing lewat akun sosmed KPU Surabayabterkumpul,”tambah Nano.

Sebagai antisipasi, kata mantan jurnalis ini, KPU sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan pengamanan sepanjang rekapitulasi digelar.

“Kepolisian akan mendirikan tenda atau pasukan di area KPU Surabaya.Bahkan koordinasi dengan DPKP, Satpol PP,”kata dia. KBID-SS/BE

Related posts

Tiba di Surabaya, Juara Liga 1 Bhayangkara FC Hari Ini Keliling Kota

RedaksiKBID

Ning Ita dan Cak Rizal Apresiasi Siswa-siswi Kota Mojokerto

RedaksiKBID

Pelopori e-Government, Pemkot Surabaya Ciptakan Ratusan Aplikasi

RedaksiKBID