KampungBerita.id
Headline Olahraga Tapal Kuda Teranyar

Hidupkan Olahraga Tradisonal, Formi Pasuruan Gelar Beragam Mainan Lawas

Lomba balap terompah panjang salah satu permainan tradisonal yang mulai banyak diminati lagi

KAMPUNGBERITA.ID – Federasi Olah Raga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) menggelar berbagai macam atraksi tradisional, seperti tarian Ojung, balap trompah panjang, dan panjat tebing. Tujuannya, ingin menghidupkan kembali mainan tradisi yang hampir punah.

Ketua Formi Kabupaten Pasuruan Hj Lulis Irsyad Yusuf mengatakan, “Di samping menghidupkan budaya tradisional, kami juga ingin memasyarakatkan olahraga juga,” terang di areal acara, di Lapangan Nguling, Pasuruan.

Ia menjelaskan, pengurus Formi Kabupaten Pasuruan dilantik sejak 5 Agustus 2017 kemarin, dan ini adalah kegiatan pembuka di Pasuruan paling timur.

Kadispora A Munif menjelaskan, alasan Bupati menempatkan acara ini dengan tujuan ingin mengawali pembangunan Pasuruan Timur.

Acara diawali senam Pasuruan Gumuyu yang dipimpin langsung Isteri Bupati Pasuruan. Adapun yang tampak dan ikut melaksanakan senam, di antaranya, Kadispendik Dr Iswahyudi bersam Istri Hj Indah Iswahyudi, selaku Koordinator pengawas SMK/SLTA Kabupaten dan Kota Pasuruan. Juga Kepala Dinas Kominfo Drs H Ahmad Saifuddin M, beserta seluruh Camat se-Kabupaten Pasuruan.

“Selain memasyarakatkan olah raga termasuk menghidupkan para Pedagang kaki lima PKL,” kata Kadispora.
“Karena yang hadir dalam kegiatan Formi ini ribuan orang dari berbagai lembaga instansi. Disamping itu juga hari ini merupakan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan dan memperingati 17 Agustus juga. Jadi harapan dari Pemkab supaya warga Pasuruan selalu ikut berpartisipasi dalam memerihkan Formi ini, alasan ini juga memberikan konstribusi tinggi kepada Pasuruan bahwa daerah kita kaya tradisi,” katany. KBID-PSR

Related posts

Komisi D Dukung Pemanfaatan Rumah Sehat untuk Isoman, Syaratnya Pemkot Harus Gencar Sosialisasi ke Warga

RedaksiKBID

Bikin Bangga Tuban, Bupati dan Wabup Beri Penghargaan 398 Huffadz

RedaksiKBID

Pemkot Kantongi Hasil Audit Bopda Sekolah Swasta

RedaksiKBID