KampungBerita.id
Politik & Pilkada Teranyar

Jelang Debat Publik Pertama Cawali-Cawawali, KPU Surabaya Gelar Media Briefing

KAMPUNGBERITA.ID – KPU Kota Surabaya mengadakan media briefing debat publik pertama, Rabu (4/11). kegiatan ini diikuti sekitar 50 media baik dari media online, cetak, radio, televisi, dan fotografer.

Bertempat di Graha Swara lantai 3 Kantor KPU Kota Surabaya Jalan Adityawarman nomor 87, dibuka oleh Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi kemudian dilanjutkan tentang arahan teknis debat publik pertama dari perwakilan JTV Mahmud

Nur Syamsi mengatakan, ada 3 tema yang akan menjadi materi debat publik pertama. Tiga tema itu adalah menyelesaikan persoalan daerah, memajukan daerah, dan kebijakan strategi pencegahan dan penanganan Covid-19 yang kemudian dirumuskan menjadi satu tema besar.

“Tema besarnya adalah menjawab permasalahan dan tantangan Kota Surabaya di era Pandemi Covid-19, maka tema itulah nanti yang akan dibahas pada debat pertama,” jelasnya.

Nur Syamsi juga menyebut, akan ada lima pertanyaan yang akan ditujukan kepada Pasangan Calon. Lima pertanyaan tersebut dipastikan kerahasiaannya karena akan diserahkan sesaat sebelum pelaksanaan debat.

“Sampai hari ini kalau kami ditanya pertanyaannya apa, kami juga tidak tahu. Jadi nanti akan diserahkan langsung pada segmen pertama debat,” pungkasnya.

Sementara itu, Perwakilan JTV Mahmud mengatakan, mengingat debat publik pertama ini masih dalam masa pandemi, akan ada pembatasan peserta yang hadir.

“Pelaksanaan debat nanti malam kita tidak bisa sama seperti sebelum covid. Kalau dulu semua kawan-kawan (wartawan) semua bisa masuk, sekarang akan kita tata,” jelasnya.

Mahmud juga mengatakan, kebijakan pembatasan ini merupakan hasil kesepakatan bersama antara tim Paslon, KPU Kota Surabaya dan rekomendasi Satgas Covid-19.

Namun, rekan-rekan media masih dapat meliput di dalam ruangan dengan pembatasan sejumlah lima orang untuk mengambil gambar secara bergantian.

“Ruangan itu memang hanya boleh sesuai dengan yang ada di PKPU. Artinya selain empat pasangan calon, kemudian kawan-kawan KPU Kota Surabaya, KPU Provinsi, dan Bawaslu, dan kru dari lembaga penyiaran yang bertugas menyiarkan jalannya debat publik ini,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Pelaksanaan debat publik Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya akan berlangsung selama tiga kali. pertama tanggal 4 November, kedua tanggal 18 November, dan yang ketiga adalah 5 Desember. KBID-DJI

Related posts

Antisipasi Banjir dan Kekeringan, Pemkot Perbanyak Bangun Bozem

RedaksiKBID

Jatuh dari Motor, Warga Keputran Tewas Terlindas Truk di Sidoarjo

RedaksiKBID

Gunung Agung belum Meletus, Jumlah Pengungsi Capai 75.673 Jiwa

RedaksiKBID