KampungBerita.id
Kampung Bisnis Surabaya Teranyar

Keluhkan Penerapan PPKM, Pedagang Mengaku Omset Menurun Tajam

Suasana salah satu pasar tradisional di Surabaya.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Sejumlah pedagang di pasar tradisional di Surabaya mengeluhkan penerapan PPKM. Mereka mengaku akibat kebijakan tersebut omset penjualan mereka menurun tajam.

Sejak diberlakukan perpanjangan PPKM tahap kedua sejak 26 Januari – 8 Februari 2021. Justru menambah berat beban pedagang di pasar tradisional.

Ikhsan, salah satu pedagang pisang di pasar Simo Surabaya mengatakan, bahwa sejak diterapkan PPKM sepi pembeli. Apalagi PD Pasar Surya membatasi jam operasional pasar.

“Sepi pembeli sekarang mas sejak penerapan PPKM, apalagi jam operasional pasar juga dikurangi,” ucap Ikhsan.

Dengan kondisi ini, omset juga mengalami penurunan drastis. Selain itu, jika pasar tidak tutup sesuai aturan jam 22.00 wib. Pedagang takut di razia oleh petugas.

“Kami kalau tidak tutup kawatir di razia sama petugas mas, kan sekarang petugas ini keliling terus melakukan razia selama PPKM,” jelasnya.

Sementara itu, Pengurus PD Pasar Surya Kota Surabaya, yang enggan disebut namanya itu mengungkapkan, bahwa dengan adanya penerapan PPKM. Banyak pedagang yang mengeluh karena pasar sepi, karena jam operasional pasar juga dibatasi, yang semula buka 24 jam, saat ini pasar dibuka mulai pukul 04.00 sampai pukul 22.00 wib.

“Pedagang ini banyak yang mengeluh, dengan penerapan PPKM, jam operasional pasar di batasi sesuai aturan dari pemerintah,” ucap petugas PD Pasar Surya.

Sementara itu terkait dengan Protokol Kesehatan (Prokes) di pasar Simo. Pihak PD Pasar Surya selalu mensosialisasikan agar pedagang dan pembeli tertib dan patuhi Prokes. Di pintu masuk pasar diberi tempat cuci tangan, hand sanitizer serta diminta untuk gunakan masker.

“Pedagang dan pembeli ini tertib mas, dan kami juga siapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di pintu masuk pasar. Selain itu selalu disosialisasikan agar masyarakat tetap menggunakan masker,” tutupnya. KBID-RIZ

Related posts

Geger Fasilitas Mewah di Sukamiskin, Menkum dan HAM Geledah Lapas Porong

RedaksiKBID

Diduga jadi Korban Pembunuhan, Siswi SMK 40 Hari belum Ditemukan

RedaksiKBID

Pimpinan DPRD Surabaya Ajak Semua Lapisan Masyarakat Ikut Jaga Surabaya

RedaksiKBID